Riau

Pemkab Rohil Gelar Seminar Anugerah Jurnalistik, Wahyudi El Panggabean Menjadi Pemateri

Direktur Utama Lembaga Pendidikan Wartawan Pekanbaru Journalist Center (PJC) Drs Wahyudi El Panggabean MH dan Asmanidar H. Zainal, S.H menerima sertifikat dari Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP.

ROHIL (MR) - Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong SIP didampingi Wakil Bupati Rokan Hilir H Sulaiman SS MH membuka secara resmi seminar Anugerah Jurnalistik Kominfo 2022.

Seminar Anugerah Jurnalistik Kominfo yang diikuti puluhan wartawan dari berbagai media baik cetak, televisi maupun media oline dari 15 wadah wartawan tersebut dilaksanakan di Aula Rapat Kantor Bappeda Lantai 3 Komplek Perkantoran Batu 6, Rabu (16/03/2022).

Pada kesempatan itu Direktur Utama (Dirut) Lembaga Pendidikan Wartawan Pekanbaru Journalist Center (PJC), Drs. Wahyudi El Panggabean, MH dan Asmanidar SH ahli hukum pers hadir sebagai narasumber.

Kemudian, bertindak sebagai moderator adalah Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas (Kadis) Diskominfotik Rokan Hilir Indra Gunawan SE, dihadiri Kabid Dokpim Hasnul Yamin SE, Asisten Ali Asfar.

Para Ketua Organisasi Wartawan diantaranya Nopriosandi selaku Ketua PWI, Ketua JMSI Jarmain, Bertuah Manullang Ketua GWI, Ketua IWO Indra Kurniawan Akbar, Perwakilan KWACI Budi dan lainnya.

Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong dalam sambutannya mengatakan diharapkan seminar anugerah jurnalistik yang digelar dapat menambah ilmu dan wawasan seluruh rekan wartawan yang mengikuti seminar jurnalistik.

Afrizal Sintong juga berharap sekaligud mengajak kepada seluruh rekan-rekan media bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Rokan Hilir dengan memberitakan berita yang betul-betul terjadi sesuai dengan fakta.

"Ini yang perlu kita sampaikan kepada masyarakat kita," pintanya.

Dalam kesempatan itu pula Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong SIP menyerahkan secara langsung sertifikat Anugerah Jurnalistik Kominfo 2022 kepada kedua narasumber selaku pemateri yakni Drs. Wahyudi El Panggabean, MH dan Asmanidar H. Zainal SH, kemudian penyerahan sertifikat secara simbolis kepada perwakilan peserta seminar jurnalistik.

Usai menyampaikan materi tentang pengenalan dunia jurnalistik dan strategi menjadi wartawan profesional, kemudian apa yang dimaksud hukum pers dan etika dalam publikasi multimedi.

Direktur Utama (Dirut) Lembaga Prndidikan Wartawan Pekanbaru Journalist Center (PJC) Drs Wahyudi El Panggabean, MH mengatakan, senjata pamungkas wartawan adalah taat kepada Kode Etik Jurnalistik Indonesia (KEJI).

Kode Etik Jurnalistik Indonesia adalah rambu rambu moral dan standar tertinggi bagi insan pers Indonesia dalam menjalankan profesinya sebagai seorang wartawan, yaitu Wartawan Berani Beretika.

"Jika Anda memilih Wartawan sebagai pekerjaan dengan alasan alternatif atau karena tidak ada pekerjaan lain, saya pastikan Anda akan gagal,” ujarnya.

pada sesi penutupan seminar anugerah jurnalistik tersebut Drs Wahyudi El Panggabean MH membagikan buku karyanya sendiri yang berjudul Wartawan Berani Beretika kepada Indra Gunawan SE selaku Kepala Dinas Diskominfotik Rohil.

Kemudian buku Wartawan Berani Beretika juga dibagikan kepada seluruh organisasi yang mengikuti seminar Anugerah Jurnalistik Kominfo 2022 dan diakhiri dengan foto bersama.(Wisman)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan