Riau

Meriahnya Buka Puasa Bersama Saka Bahari Lanal Dumai

Foto bersama saat kegiatan berbuka puasa bersama Saka Bahari Lanal Dumai di Hotel Patra, Minggu (24/04/2022). Foto: Ist

DUMAI (MR) - Satuan Karya Pramuka Bahari (Saka Bahari) Lanal Dumai mengadakan acara buka puasa bersama Minggu (24/04/2022) di Hotel Patra Dumai. 

Acara ini menjadi kegiatan rutin dilakukan tiap tahunnya yang dimonitor oleh instruktur dan pamong Saka Bahari lanal Dumai Letda (KH) Justin dan Arni Iswari, S.Si, M.Pd serta dibantu panitia panitia yang handal Erda Layla Putri, Veronika Sianipar, Anisa dindayani dan Ferdi. 

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan silahturahmi antar sesama umat muslim dan menghargai antar umat beragama karena kami disaka bahari ini Alhamdulillah yang non muslim juga mengikuti buka puasa bersama," kata Arni. 

Kata sambutan dari Letda (KH) Justin

Selain itu tujuan diadakannya buka puasa bersama ini untuk ajang reuni karena bisa berkumpul kembali dengan kk senior senior dari angkatan sebelumnya. 

Kemeriahan acara ini juga dirasakan Instruktur saka Letda (KH) Justin, Peltu iwan, Serda Jas Johan, yang turut hadir. 

Turut hadir guru pembimbing Sari Fatimah,S.Pd, Rahmi Peri Yulindra,S.Pd, Sabrina,S.Kom, Liza Murti,S.Si dan Hasnel,S.Kom.

Pembina Saka Bahari Lanal Dumai

"Tak ketinggalan acara ini dihadiri oleh kakak senior, Ade Putra, Ima Nurmaini, Anisa Darma, Sarmatio, Agung M.Nur serta dihadiri oleh anggota saka bahari angkatan 9, 10 dan 11," Jelas Bunda Arni. 

Dimeriahkan Quis

Setelah acara buka puasa dani menikmati makanan maka dilanjutkan dengan acara hiburan. Dengan acara pertama kata sambutan oleh Instruktur saka bahari Letda (KH) Justin setelah kata sambutan dilanjutkan dengan acara menjawab quis yang pertanyaannya seputaran bahari.

Panitia acara buka puasa bersama Saka Bahari

Pertanyaan diberikan oleh pembina dan kakak kakak seniornya, kali ini quis diberikan sebanyak 6 soal yang diberikan oleh Letda (KH) Justin, Ade Putra, Ima Nurmaini, Anisa Dharma, Sarmatio dan Agung M.Nur.

"Tujuan quis dilakukan mengingat mereka tentang ilmu kebaharian jadi disaat santaipun mereka dituntut mengingat kembali," Ungkap Guru SMAN 2 Dumai ini. 

Setelah acara quis, dilaksanakan pemberian kenang-kenangan kepada dewan saka bahari angkatan 9 sebagai ucapan terima kasih yang telah berbakti membantu kegiatan saka bahari selama setahun sehingga kegiatan bahari di lanal Dumai menjadi lancar.

Pemberian kenang-kenangan oleh Peltu Iwan Instruktur Saka bahari

Kenang kenangan ini diberikan langsung oleh instruktur dan pamong saka bahari lanal Dumai. Acara terakhir yaitu acara tukar kado, dimana anggota bahari membawa kado dan menukarnya dengan kawannya. 

"Artinya tukar kado ini dari kita untuk kita, tujuan tukar kado ini adanya rasa kebersamaan dari mereka dan selalu bersyukur dengan apa yang mereka miliki," tutupnya. 

Pemberian kado untuk yang menjawab quis

Kesan dan Pesan

Erda Layla Putri seorang siswa dari SMAN 1 sebagai panitia dalam kegiatan buka puasa bersama saka bahari lanal dumai ini berkomentar kesan yang didapat dengan mengikutii bukber Saka Bahari.

"Menambahh kehangatan kekeluargaan antara satu sama lain, menciptakan momen serta kekompakan, pokokkknyaaa bukberr saka baharii seruuuuuuu. Harapannya semoga saka bahari bisa lebih sukses dan maju," Katanya. 

Veronika Sianipar siswa SMKN 1 juga berkomen saya sangat happy karena kami bisa menikmati kebersamaan dan ditambah lagi makanannya yg super enak plus kami juga kompak. 

"Dan harapan saya semoga kita semua bisa lebih kompak dan terus menjalin silaturahmi gaes," Ungkap Vero. 

Pembina, panitia dan senior Saka Bahari

Seorang undangan dari acara buka puasa bersama ini citra lestari siswa SMAN 2 Dumai yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi ini menyampaikan kesan diacara ini terasa kebersamaannya. 

Selain itu persaudaraan yang sangat tinggi dengan pembina, kawan kawan seangkatan, senior dan adek adek,serta dia bersama kawan seangkatannya merasa sedih juga karena akan meninggalkan kegiatan kebaharian ini untuk pergi melanjutkan pendidikan. 

"Makanan disini enak-enak, sampe kami kekenyangan banget hahahaha. Serta suasananya santai makan dipinggir kolam berenang," Ujar Citra. 

Harapan Pamong Skaa Bahari

Sementara itu, pamong saka bahari Arni Iswari, S.Si, M.Pd sangat berkesan acara ini dapat berjalan dengan lancar dan yang pastinya sangat meriah. Adek adek saka bahari begitu semangat berfoto sesama temannya dengan tidak mau meninggalkan satu momenpun. 

Pamong Saka Bahari Arni Iswari, S.Si, M.Pd

"Pelayanan dihotel patra juga sangat baik dengan menu menu yang enak-enak serta kebersamaan kami saka bahari terasa semakin dekat antara pembina dan adek adek, pertahankan ya," ungkap Arni. 

Lanjutnya, semua kesuksesan acara ini tidak luput dari dukungan komandan lanal Dumai Kolonel Laut (P) Himawan,MMSMC,dukungan potmar lanal Dumai, dukungan senior-senior saka bahari dan juga dari semangat adek adek yang antusias mengadakan acara ini.

Ia berharap semoga acara buka puasa bersama ini dapat terlaksana tiap tahunnya, dan tetap diikuti kakak senior walaupun nantinya sudah sukses dikota Dumai ini.

Undangan yang datang berbuka bersama

"Bergabunglah dengan kami saka bahari minimal setahun sekali, harapan saya juga tidak ada kesombongan kakak kakak senior kalau sudah menjadi orang hebat ,ingat sebuah pepatah padi berisi semakin menunduk, kami pembima tidak butuh materi senior tapi yang kami butuhkan kepedulian kalian dan saya selaku pamong saka bahari mengucapkan terima kasih," pungkasnya. (MR/Red) 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan