Selama Ramadan dan Jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H/Tahun 2022

Loka POM DI Kota Dumai Laksanakan Intensifikasi Pengawasan Pangan di Kota Dumai dan Bengkalis

Petugas Loka POM Di KOta Dumai saat melakukan pemeriksaan

DUMAI (MR) – Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) di Kota Dumai mengadakan Konferensi Pers tentang Intensifikasi Pengawasan Pangan di Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis selama Ramadhan dan Jelang Hari Raya Idul Fitri 2022.

“Badan POM senantiasa mengawal keamanan produk pangan dan melindungi kesehatan masyarakat dari peredaran produk pangan olahan yang Tidak Memenuhi Ketentuan, khususnya selama Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2022,” ujar Kepala Loka POM di Kota Dumai Ully Mandasari, S.Farm, Apt dalam ketereangan pers nya, Senin (25/4/2022) bertempat di Kantor Loka POM Kota Dumai, di Jalan Hang Tuah.

Loka POM di Kota Dumai bersama 73 Unit Pelaksanan Teknis (UPT) lainnya melakukan intensifikasi pengawasan pangan. Intensifikasi pengawasan pangan dilakukan oleh Loka POM di Kota Dumai bersama lintas sektor terkait seperti Dinas Kesehatan Kota Dumai, dan Saka Pramuka POM di Kota Dumai.

Kegiatan intensifikasi ini direncanakan akan dilaksanakan dalam 6 (enam) tahap yang dimulai pada Maret hingga akhir April 2022. Hingga saat ini telah dilakukan kegiatan intensifikasi hingga tahap 4 yang dilaksanakan di Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis.

“Telah dilakukan pemeriksaan terhadap 9 sarana distribusi pangan, yaitu 8 ritel modern dan 1 ritel tradisional di Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis dengan rincian jumlah 4 (44%) sarana distribusi memenuhi ketentuan dan 5 (55%) sarana distribusi yang tidak memenuhi ketentuan. Pada sarana distribusi yang tidak memenuhi ketentuan tersebut ditemukan sejumlah produk Tanpa Izin Edar (TIE) dan rusak,” ungkap Ully.

Tahap 1. Kegiatan dilaksanakan pada 1 sarana ritel di Kab.Bengkalis. Dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan pangan yang rusak,TIE dan kedaluwarsa.

Tahap 2. Kegiatan pengawasan dilakukan di Kota Dumai pada yaitu 1 sarana ritel. Dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan pangan TIE,rusak dan kedaluwarsa.

Tahap 3. Kegiatan pengawasan dilakukan di Kota Dumai pada 3 sarana ritel modern. Dari hasil pemeriksaan ditemukan 5 pcs pangan rusak.

Tahap 4. Kegiatan pengawasan dilakukan di Kabupaten Bengkalis pada 4 sarana ritel modern. Dari hasil pemeriksaan ditemukan 30 pcs produk tie.

Dari hasil pemeriksaan saat ini total produk yang dimusnahkan secara sukarela oleh pelaku usaha, yang disaksikan oleh petugas sebanyak 20 pcs produk tanpa izin edar). Produk rusak yang ditemukan didominasi oleh produk produk dalam kaleng (manisan buah).

“Jika dibandingkan dengan hasil pengawasan pada tahun 2021, hasil temuan pengawasan sarana menunjukkan penurunan produk yang tidak memenuhi ketentuan (TMK) yaitu 35 pcs dibandingkan tahun lalu dengan jumlah temuan yaitu 68 pcs,” sebut Ully.

Loka POM di Kota Dumai juga melakukan sampling dan pengujian terhadap 80 sampel pangan jajanan buka puasa/ takjil di Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis dengan pengujian sederhana terhadap beberapa parameter bahan berbahaya yang dilarang ditambahkan dalam pangan yaitu Formalin, Boraks, Rhodamin B dan Methanyl yellow.

Disimpulkan bahwa seluruh sampel yang diuji Negatif dari kandungan bahan berbahaya tersebut di atas. Loka POM di Kota Dumai juga melakukan tindaklanjut dari SE No HK.02.02.5.53.03.22.02 Tanggal 24 Maret 2022 tentang Pengawasan minyak goreng sawit tahun 2022. Dengan melakukan pengawasan terhadap 7 sarana distribusi pangan dengan dilakukan pemeriksaan pada bagian penyimpanan dan sanitasi dan dilakukan pembinaan kepada pelaku usaha minyak goreng curah dan 1 sarana produksi.

Selain itu, dilakukan juga monitoring produk coklat merek kinder joy sesuai SE nomor R.PW.04.03.54.542.04.22.65 tanggal 1 April 2022. Loka POM di Kota Dumai melakukan pengawasan pada 12 sarana distribusi retail modern dan tidak ditemukan kinder joy asal Belgia yang terindikasi tercemar bakteri Salmonella, Kinder Joy yang beredar merupakan produk yang terdaftar izin edar BPOM.

“Disamping melaksanakan intensifikasi pengawasan dan pengujian terhadap pangan berbuka puasa (takjil), Selain melakukan pemeriksaan, petugas juga melakukan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) retail terhadap 19 sarana distribusi pangan tentang Cara Peredaran Pangan Olahan yang Baik kepada pelaku usaha dengan melakukan pemasangan produk informasi seperti spanduk, poster, dan stiker di Toko Pangan/ Swalayan yang memuat informasi terkait Cara Peredaran Pangan Olahan Yang Baik, Cek KLIK dan Aplikasi BPOM Mobile. Diikuti KIE talkshow Keamanan Pangan Tanggung jawab Bersama di Radio dengan materi terkait bahan berbahaya pada pangan dan Cek KLIK,” terang Ully.

Loka POM di Kota Dumai berkomitmen untuk senantiasa mengawal keamanan pangan dan melindungi kesehatan masyarakat Selain itu Loka POM di Kota Dumai juga secara intensif melakukan pendampingan kepada UMKM/ pelaku usaha, melakukan sosialisasi dan KIE kepada masyarakat.

“Masyarakat diharapkan dapat berperan aktif dalam pengawasan Obat dan Makanan dengan menyampaikan informasi terkait peredaran obat dan makanan illegal yang beredar melalui ULPK Loka POM di Kota Dumai pada nomor 081372315669 Atau datang langsung ke Jl Hang Tuah No. 51 A Dumai. Masyarakat juga harus menjadi konsumen cerdas, ingat selalu “Cek KLIK”,” harap Ully.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan