Riau

Loka POM Di Kota Dumai Gelar Sosialisasi Cerdas Memilih Kosmetik Aman Dan Pembentukan Duta Kosmetik

Loka POM Di Kota Dumai Gelar Sosialisasi Cerdas Memilih Kosmetik Aman Dan Pembentukan Duta Kosmetik

DUMAI (MR)Dalam rangka peningkatan pengetahuan dan pemahaman mengenai kosmetik yang aman, bermanfaat dan bermutu,Loka POM di Kota Dumai mengadakan “Sosialisasi Cerdas Memilih Kosmetik Aman dan Pembentukan Duta Kosmetik” di salah satu hotel di Kota Dumai pada hari Rabu (18/5/2022) dengan mengundang 30 peserta yang berasal dari kalangan pelajar dan atau mahasiswa yang berasal dari sekolah menengah dan perguruan tinggi di wilayah Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis.

Pelaksanaan kegiatan di tengah situasi pandemi Covid-19 dijalankan dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Loka POM di Kota Dumai ini dihadiri oleh dr. Dendy Zulfikar, SpDV selaku narasumber dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) Cabang Pekanbaru.

Kegiatan sosialisasi ini termasuk dalam program kegiatan Badan POM Goes to School/Campusyang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) BPOM, dalam hal ini Loka POM di Kota Dumai bertujuan untuk menetapkan Duta Kosmetik Aman dari pelajar dan mahasiswa untuk berperan sebagai spokeperson Badan POM tentang keamanan dan manfaat kosmetik, mewujudkan generasi muda yang cerdas dalam memilih dan menggunakan kosmetika yang aman, meningkatkan literasi generasi muda terkait peraturan di kosmetika serta mewujudkan komunitas generasi muda digital anti-hoax sehingga terhindar dari produk kosmetika yang berbahaya bagi Kesehatan.


Kepala Loka POM di Kota Dumai, Ully Mandasari, S.Farm.,Apt., M.H dalam sambutannya menyampaikan bahwadi tengah situasi pandemi Covid-19 terjadi perubahan perilaku dan peningkatan demand masyarakat akan kosmetik terutama dalam rangka penerapan protokol kesehatan pada penggunaan hand moisturizer, hand gel mengandung pelembab yang merupakan bagian dari kosmetika. Tingginya demand terhadap produk kosmetik tersebut mendorong oknum yang tidak bertanggungjawab mengedarkan produk dengan klaim berlebihan.

Oleh karena itu, Badan POM selaku instansi pemerintah yang bertanggung jawab dalam pengawasan Obat dan Makanan, termasuk di dalamnya kosmetik  menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan masyarakat khususnya bagi generasi muda (pelajar dan mahasiswa) tentang pemilihan dan penggunaan kosmetik yang aman, bermanfaat dan bermutu,” ujarnya.

Ully dalam paparan juga menjelaskan profil Badan POM dan petunjuk teknis kegiatan “Badan POM Goes to School/ Campus”.

Selanjutnya, narasumber dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) Cabang Pekanbaru,dr. Dendy Zulfikar, SpDV menyampaikan terkait tips menjaga kulit tetap sehat bagi generasi millennial. Pemaparan terakhir disampaikan oleh staf Loka POM di Kota Dumai, Fransiska Vony Wicheisa Manihuruk, S.K.M yaitu materi “Cerdas Memilih dan Menggunakan Kosmetik Aman” dan materi “Public Speaking”.

Sebagai hasil dari kegiatan “Sosialisasi Cerdas Memilih Kosmetik Aman dan Pembentukan Duta Kosmetik” diperoleh 30 duta kosmetik dengan 3 peserta terbaik, yaitu M. Addinul Salam dari STMIK Dumai, Shuha Nawal Zuqbi dari SMAN 2 Dumai dan Diajeng Salsabilla Azzahra Lahitani (SMAN 1 Dumai).

“Badan POM terus berkomitmen untuk mendukung percepatan pemberian informasi dengan memberikan edukasi kepada masyarakat yang dimulai dari generasi muda agar mampu menyaring dengan benar mengenai produk kosmetik yang aman dan tidak berisiko bagi kesehatan yang dilakukan melalui program“Badan POM Goes to School/Campus,” imbuh Ully.

Kepala Loka POM di Kota Dumai juga berharap kepada Duta Kosmetik Aman yang terpilih dapat melakukan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi kepada komunitas masyarakat secara masif.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini nantinya diharapkan dapat memberikan multiplier effect kepada seluruh komponen masyarakat sehingga dapat meningkatkan indeks kesadaran masyarakat terhadap Obat dan Makanan yang aman dan bermutu secara berkelanjutan.” tutup Kepala Loka POM di Kota Dumai. 




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan