Riau

Penasehat JMSI Rohil Bahas Program Stuban dan Penampilan Kebudayaan Rohil di Malaka

Foto bersama.

MALAKA (MR) - Penasehat Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Rokan Hilir berkunjung ke negeri jiran Malaka Malaysia dalam rangka menghadiri acara Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah yang di gelar di Kerajaan Malaka, Sabtu (28/5/2023), kemarin.

H.Yan Faisal merupakan wakil sekretaris Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Provinsi Riau tersebut  sekaligus menghadiri undangan rumah tetbuka anjuran Caunsul China di Malaka.

Dalam kesempatan itu Datuk H Yan Faisal bertemu dan membicarakan program studi banding JMSI Rokan Hilir ke Malaka dan Malaysia dengan Tun Seri Prof.dr.Abdul.Latif Bin Abu Bakar sejarawan dan pelopor DMDI yang beranggotakan 23 Negara.

Bersama Tun Seri Prof.dr.Abdul Latif dan Datuk Ir.Ajis Ketua DMDI Riau, Wartawan senior Rokan Hilir juga membahas berbagai hal di bidang sejarah, budaya dengan dosen dan guru besar beberapa Universitas di Malaysia.

Datuk H.Yan Faisal bertemu Tuan Yang Terutama Yang di Pertua Negeri Malaka Tun Seri Ali Rustam sekaligus Presiden DMDI tempat berhimpunya 23 Negara di organisasi tersebut dan Ketua Menteri Malaka dan Pengutus media cetak DMDI di Malaka.

"Kesempatan memenuhi undangan Kerajaan Malaka dan DMDI ini saya mengambil moment untuk program studi banding dan kunjungan muhibah JMSI Rokan Hilir tahun ini ke Malaysia," kata Datuk H.Yan Faisal.

Berbincang sejarah dengan pakar sejarah Melayu, Tun Seri Prof.dr Abdul Latif yajg juga penulis Gapena (Gabungan Penulis Nasional) Malaysia yang juga seorang budayawan tersebut membahas empire Malaka dan kerajaan - kerajaan yang ada di kawasan Selat Malaka termasuk Rokan (Pekaitan, Negeri Kubu, Tanah Putih dan Bangko) juga ikut gali.

"Jika tidak ada halangan rombongan JMSI Rokan Hilir akan menambah wawasan dengan melakukan studi banding dan mengunjungi beberapa media di Malaka dan Malaysia," katanya, dalam rilis.

"Pertama Juli 2022 saya akan menbawa delegasi Budaya dari Rohil atas undangan sebuah Universitas dan Perguruan Tinggi di Malaka," ujarnya.

"Kebiasaan saya jika ada undangan menyempatkan diri membahas organisasi pers, intinya program ini akan terlaksana atas jerja ketas Jetua JMSI Rohil, Jarmain dan jajaran pengurus lainya,  Malaka sudah oke," terang pendiri PWI Rokan Hilir sekaligus Ketua PWI Rokan Hilir pertama ini.

"Untuk bulan Juli saya dan sebuah perkumpulan akan disiapkan nemenuhi undangan tersebut. Mohon doa dan dukungan," katanya, menambahkan.

Datuk H.Yan Faisal nenegaskan baginya siapapun yang ingin maju dengan wawasan dan retrorika untuk kemajuan perlu di dukung.

"Siapapun yang berminat ikut dan bergabung untuk delegasi atau rombongan JMSI Rohil nantinya dipersilakan menghubungi Ketua JMSI Rohil dan dengan biaya pribadi," ungkapnya."Untuk kemajuan Rokan Hilir untuk daerah ini, tentu sebagai yang dituakan karena duluan selangkah, saya terima dan siap untuk mengikut sertakan rekan-rekan yang berminat," pungkasnya. (rls/Wisman)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan