Ekonomi

10 Negara Pengekspor Gula Terbesar, Brasil Urutan Teratas

Ilustrasi google

MONITORRIAU.COM - Terdapat sejumlah negara dari berbagai benua yang masuk ke deretan 10 negara pengekspor gula terbesar. Seperti diketahui, gula merupakan salah satu bahan dasar yang penting dalam proses produksi.

Tanaman tebu sendiri jadi salah satu tanaman terpenting di dunia. Salah satu olahan dari tebu yaitu gula merupakan satu dari sembilan bahan pokok (sembako) di Indonesia.

Kebutuhan gula terus mengalami peningkatan karena selalu dibutuhkan masyarakat. Hal ini membuat setiap negara harus memenuhi kebutuhan tersebut.

Terdapat beberapa negara yang mampu menghasilkan gula dalam jumlah besar, bahkan bisa diekspor ke negara lain. Dikutip dari berbagai sumber, berikut 10 negara pengekspor gula terbesar.

1. Brasil 

Brasil jadi negara dengan volume ekspor gula tertinggi, yaitu 32,15 juta metrik ton pada 2020/2021. Selain menjadi eksportir gula teratas, negara ini merupakan produsen tebu paling banyak di dunia dengan margin yang besar. 

Berdasarkan data Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) pada 2019, Brasil memproduksi sekitar 752 juta metrik ton tebu, hampir dua kali lipat dari India, produsen tebu terbesar kedua di dunia.

2. Thailand

Urutan selanjutnya negara pengekspor gula terbesar ditempati Thailand. Volume ekspor gula negara di Asia Tenggara ini jauh lebih sedikit dibandingkan dengan Brasil, sekitar 7,3 juta metrik ton. 

3. India

India menempati urutan ketiga negara pengekspor gula terbesar mencapai 6 juta metrik ton. Namun, India menempati urutan kedua sebagai penghasil tebu terbesar dengan menghasilkan sebesar 370,5 juta ton."

4. Australia

Urutan selanjutnya ditempati Australia dengan volume ekspor gula 3,34 juta metrik ton. Negara ini tercatat memproduksi tebu sebesar 30,2 juta ton.

5. Guatemala

Guatemala menempati urutan kelima dengan volume ekspor gula 1,73 juta metrik ton. Diketahui negara ini memproduksi tebu sebesar 28,3 juta ton.

6. Meksiko

Meksiko tercatat melakukan ekspor gula dengan volume 1,59 juta metrik ton. Angka produksi tebu di negara tersebut tercatat sebesar 53,9 juta ton. 

7. Uni Eropa

Uni Eropa menempati urutan ketujuh pengekspor gula terbesar dengan volume 1 juta metrik ton. Uni Eropa masuk ke tiga besar konsumsi gula teratas pada 2019/2020.

8. Afrika Selatan

Afrika Selatan tercatat mengekspor gula dengan volume 0,99 juta metrik ton pada 2020/2021. 

9. Kolombia

Urutan kesembilan negara pengekspor gula ditempati Kolombia dengan volume ekspor mencapai 0,7 juta metrik ton.

10. Maroko

Urutan terakhir ditempati Maroko dengan volume ekspor 0,68 juta metrik ton.

Itu tadi ulasan negara pengekspor gula terbesar di dunia. Semoga menjadi pengetahuan baru.*** (iNews.id) 




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan