Riau

Sosialisasi Pilkada Pekanbaru, KPU Habiskan Rp29,2 Miliar untuk Jalan Santai Warga

Ilustrasi jalan santai warga

PEKANBARU (MR) - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Pekanbaru melakukan sosialisasi pilkada 2017 dengan cara jalan santai. Ini akan dilaksanakan Minggu (5/2/2017) mendatang.

Acara jalan santai yang diadakan oleh KPU ini sendiri akan membagikan ratusan bingkisan hadiah menggunakan anggaran pelaksanaan pilkada. 

Menurut Ketua KPU Pekanbaru Amiruddin Sijaya, jalan santai pilkada ini memanfatkan moment kegiatan car free day di Jalan Diponegoro Pekanbaru.

"Masyarakat dapat memperoleh kupon langsung di Kantor KPU Jalan Arifin Ahmad, " jelas Amiruddin Sijaya dalam jumpa pers dengan wartawan, Senin (30/1/2017).

Dalam kegiatan jalan sehat tersebut, KPU juga akan mensosialisasikan pelaksanaan Pilwako Pekanbaru 15 Februari 2017 mendatang dan memperkenalkan lima pasangan calon.

"Namun kami tidak undang calonnya. Kami hanya akan kenalkan saja profil mereka. Karena kalau kita undang kemudian ada massa yang berbeda dukungan, takut terjadi gesekan. Jadi, ini yang dihindari," imbuh dia.

Sementara itu salah seorang warga, Hendra Setiawan menilai jalan santai seharusnya tidak masuk anggaran Pilkada Rp29,2 miliar, karena anggaran itu adalah uang rakyat Pekanbaru. "Saya kira itu hanya sia-sia, disaat kondisi keuangan lagi tidak baik, justru KPU foya-foya," ujar Hendra Setiawan.

Hendra mengatakan, tindakan KPU Kota Pekanbaru mensosialisasikan Pilkada dengan cara mengadakan jalan santai sangat tidak efektif dan tidak tepat sasaran. Karena tidak semua orang yang datang ke acara jalan santai itu, mau mendengarkan sosialisasi Pilkada tersebut.

"Pilkada merupakan tugas negara, harus dilakukan dengan serius dan sungguh-sungguh, mengingat dana yang digunakan bersumber dari APBD. Tapi oleh KPU, tugas tersebut dijadikan sebagai ajang membuang anggaran Pilkada. Ini aneh, sedangkan KPU sendiri melarang money politik, tetapi sosialisasi yang diadakannya malah mendidik masyarakat menjadi pragmatis,"tutupnya.(goriau)

 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan