Riau

Kapolda Riau Hadir di Perayaan Ki Hu Ong Ya di Bagansiapiapi

Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal beserta jajaran Forkopimda dan masyarakat foto bersama di depan Klenteng In Hok King Bagansiapiapi.

ROHIL (MR) - Dalam rangka memenuhi undangan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Pemkab Rohil), Forkompinda dan tokoh masyarakat, Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal SIK MH kunjungi ke ibukota Rokan Hilir Bagansiapiapi, Selasa (14/6/2822) pagi.

Kapolda Riau disambut hangat oleh Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong, Kapolres Rokan Hilir Nurhadi Ismanto, Wakil Bupati H Sulaiman, Kajari Rohil Yuliarni Aphy, Dandim Rohil, kemudian, Sugianto atau yang dikenal dengan Raja Baut.

Kapolda M Iqbal beserta rombonga dan jajaran Forkompinda di jamu makan bersama di kediaman Raja Baut sekaligus bersilaturahmi dengan masyarakat. 

Selain itu, Kapolda Riau juga menyaksikan masyarakat Bagansiapiapi maupun yang datang dari luar Bagansiapiapi yang sedang melakukan sembahyang Ki Hu Ong Ya di kelenteng In Hok King, merupakan salah satu kelenteng tertua di Bagansiapiapi.

Kepada awak media, M Iqbal mengatakan punya rasa penasaran dengan Kota Bagansiapiapi yang dulunya pernah terkenal di seluruh dunia karena penghasil ikan terbesar di dunia dan memiliki banyak sejarah.

"Bagansiapiapi ini kan terkenal di dunia, apalagi ada tradisi berbagai ritual budaya yang dilaksanakan setiap tahunnya. Kita juga untuk memperkaya wawasan datang ke sini, karena tugas kepolisian bukan hanya penegakan hukum, tapi juga memperkaya wawasan tentang sosial budaya, juga diperlukan," ujarnya.

Pria yang menyandang bintang dua di pundaknya ini sebenarnya ingin berlama lama dan bermalam di ibukota Negeri Seribu Kubah itu, sekaligus ingin mencicipi makanan khas dan kuliner yang ada di Bagansiapiapi.

"Warga Bagansiapiapi sangat welcome, bersahabat dan ramah-tamah. Jadi saya merasa sangat kepengen lama disini," tambahnya.

Sebelum pandemi Covid-19 melanda negeri ini, masyarakat Tionghoa Bagansiapiapi saat ini setiap bulan Juni melakukan sembahyang Ki Hu Ong Ya dalam rangka acara ritual bakar tongkang.

Namun situasi saat ini masih belum memungkinkan, dengan segala pertimbangan sehingga tahun ini acara bakar tongkang masih belum dilaksanakan. Meski demikian, acara sembahyang Ki Hu Og Ya tahun 2022 tetap meriah dengan adanya berbagai acara pestival untuk memeriahkan acara tersebut. (rls/Wisman)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan