Riau

Dukung Swasembada Pangan, Ini Yang Dilakukan Oleh Babinsa Gurun Panjang

DUMAI (MR) - Kodim 0320/Dumai – Koramil 02/Bukit Kapur Melalui Babinsa Gurun Panjang Laksanakan Pendampingan Petani Sayur Dan Buah.
 
Dalam rangka ikut serta mendukung program pemerintah untuk meningkatkan swasembada pangan selama pandemi Covid-19 dan sekaligus menghindari karhutla, Babinsa melakukan berbagai kegiatan pendampingan kepada para petani, khususnya menjadi wilayah teritorialnya.  
 
Kodim 0320/Dumai melalui Koramil 02/BK, Serda Sugianto Babinsa Kelurahan Gurun Panjang pada hari Sabtu, 18 Juni 2022 melaksanakan pendampingan kepada petani yaitu melakukan pendampingan perawatan tanaman sayur dan buah guna mendukung Program Swasembada Pangan di tengah Pandemi Covid-19 Sekaligus guna Cegah Covid-19 di Kelurahan Gurun Panjang Kecamatan Bukit Kapur Kota Dumai.  
 
Serda Sugianto mengatakan Meski saat ini sedang dalam pandemi Covid-19, selaku Babinsa tetap melaksanakan tugasnya membantu warga binaannya meningkatkan ketahanan pangan selama Pandemi Covid-19
 
Serda Sugianto juga mengatakan bahwa pendampingan ini untuk memotivasi petani dalam menjaga ketahanan pangan sekaligus mendukung pemerintah daerah dalam mensukseskan program ketahanan pangan khususnya di wilayah binaan serta sekaligus juga sebagai wujud kepedulian Babinsa(TNI) terhadap warga di wilayah binaannya.  
 
Pendampingan kepada petani dalam proses penanaman dan penggarapan lahan sayuran ini merupakan hasil kerja keras yang dilakukan oleh para warga binaannya, karena dengan cara ini dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa perlu mendatangkan kebutuhan pangan khususnya sayuran dari daerah lain.
 
Selain itu juga Serda Sugianto menambahkan bahwa pendampingan tersebut merupakan suatu bentuk usaha untuk mengubah pola pikir petani dalam membuka lahan agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan.  
 
Diharapkan dengan dilakukan pendampingan Babinsa kepada petani dapat mendukung tercapainya ketahanan pangan saat Pandemi Covid-19 mewabah dan mendapatkan hasil panen dengan kualitas yang baik sehingga dapat memenuhi kebutuhan sayuran dan buah di wilayah Kota Dumai serta mencegah terjadinya karhutla. 
 
"Ekonomi petani juga akan meningkat jika hasil panen mereka memuaskan," imbuhnya.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan