Riau

Hilang saat Jala Ikan, Warga Pelalawan Ditemukan Tewas Diterkam Buaya

MONITORRIAU.COM - Seorang warga ditemukan tewas setelah diterkam buaya saat menjala ikan di kanal milik PT CAS, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Korban bernama Katius Zebua, warga Rawang Empat, Desa Terbangiang, Kecamatan Bandar Petalangan itu sebelumnya dilaporkan hilang sejak Jumat (17/6/2022) sore.

"Setelah dilakukan pencarian, korban berhasil ditemukan dengan kondisi sudah meninggal dunia," kata Kepala Bidang Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Wilayah I Andri Hansen Siregar, Minggu (19/4/2022).

Keterangan saksi, kata dia, korban bersama temannya pergi ke areal PT CAS yakni di perbatasan Desa Pangkalan Malako dengan Desa Terbangiang, Pelalawan pada 17 Juni 2022.  Mereka mencari ikan dengan cara menjala di kanal. 

Saat korban melempar jala ke kanal, ternyata nyangkut ke batang kayu. Korban pun terjun ke  kanal rawa rawa itu. Saat terjun untuk memperbaiki jalanya yang tersangkut, tiba-tiba seekor buaya langsung menyambar korban.  

Katius berusaha menyelamatkan diri dan meminta pertolongan namun tak berdaya lantaran dibawa masuk ke dalam kanal. 

Teman korban langsung meminta pertolongan kepada pihak PT CAS dan juga melaporkan hal itu kepada pihak desa.  Mereka pun melakukan pencaharian. Namun hasilnya nihil."

Kemudian mereka melaporkan hal itu kepada pihak BBKSDA. Keesokan harinya tim gabungan melakukan pencaharian bersama. Akhirnya korban berhasil ditemukan pada 18 Juni 2022. 

"Kita bersama TNI, Polri BPBD dan warga berhasil menemukan korban. Korban ditemukan sekitar 100 meter dari lokasi awal korban hilang," ucapnya.

Dengan adanya kejadian itu, petugas meminta kepada warga agar berhati hati jika beraktivitas di air. Warga juga diminta untuk tidak membunuh buaya karena termasuk satwa dilindungi.

"Di sana merupakan habitat buaya, karena lokasi tersebut merupakan hamparan rawa dan dialiri oleh sungai Kerumutan yang terhubung dengan kanal milik PT. CAS. Buaya di sana jenis sinyulong," katanya.*** (iNews.id) 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan