Riau

Pemerintah Siapkan Rp5 Miliar untuk Rubah Kawasan Kumuh di Dumai

Salah satu kawasan kumuh di daerah perkotaan Dumai. (dokumen foto Lepu)

DUMAI (MR)- Kondisi lingkungan Kelurahan Laksamana, Kecamatan Dumai Kota, Kota Dumai, Provinsi Riau tidak lagi menjadi kawasan kumuh, pasalnya Pemerintah Kota Dumai kembali berhasil merebut anggaran APBN sebesar Rp5 miliar melalui program nasional Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) untuk peningkatan kawan kumuh di Kelurahan Rimba Sekampung, Kecamatan Dumai Kota.

Program pemerintah yang menggalakkan Pembangunan serta  peningkatan kawasan kumuh di Kelurahan Rimba Sekampung ini, telah  direcanakan akan fokus pada empat item pembangunan yaitu jalan lingkungan, drainase, taman dan penerangan lampu jalan di wilayah tersebut.

“Untuk tahun 2017, kita berhasil mendapat kuncuran dana sebesar Rp 5 miliar dari APBN untuk peningkatan kawasan kota kumuh di Kelurahan Rimba Sekampung,” Faried Kabid Kawasan dan Pemukiman Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Dumai kepada trajunews.com , Selasa (31/1/2017).

Menurutnya, pembangunan peningkatan kawasan kumuh yang menggunakan APBN itu mempunyai dua kategori yaitu pencegahan dan peningkatan, dimana pencegahan menggunakan tiga sumber dana APBN, APBD Provinsi dan APBD Kota Dumai.

“Sementara kategori peningkatan berasal dari sumber APBN saja, seperti peningkatan kawasan kumuh di Kelurahan Laksamana dan Rimba Sekampung nantinya,” tuturnya.

Lanjut Farid menjelaskan dalam kategori peningkatan, terdapat empat item peningkatan kawasan kumuh, Jalan lingkungan, Drainase, Taman dan Penerangan Lampu Jalan yang akan dibangun dipemukiman warga nantinya.

Namun demikian tambahnya, dengan dibentuknya Kawasan Tanpa Kumuh di Kota Dumai diharapkan menjaga dan mengubah pola hidup di lingkungannya.

“Warga yang daerahnya mendapatkan program peningkatan kawasan kumuh, agar merubah pola hidup dan mengikuti perubahan yang telah dibentuk serta menjaga agar lingkungannya tidak kembali kumuh seperti tahun-tahun sebelumnya,”tukasnya. (trajunews)

 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan