Pendidikan

Disdikbud Dumai Gelar Seleksi FLS2N dan O2SN Jenjang SD Tingkat Kota Tahun 2022

Foto Bersama Peserta Didik yang mengikuti FLS2N dan O2SN, Panitia Pelaksana dan Dewan Juri

DUMAI (MR) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Dumai menggelar seleksi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang Sekolah Dasar (SD) Tingkat Kota Dumai Tahun 2022.

Seleksi FLS2N dan 02SN secara resmi dibuka Kepala Disdikbud Kota Dumai Dra. Yusmanidar di Gedung Ki Hajar Dewan Tara Jalan Tanjung Jati, Selasa (21/6/2022).

Menurut Yusmanidar, selain untuk menjalin silaturahmi antar murid SD, tentunya kegiatan ini juga dapat membuka peluang dalam berkreasi, berinovasi, berprestasi dan berkompetisi secara sehat dalam bertanding.

“Kondisi jasmani murid dapat menunjang peningkatan kualitas akademis, untuk itu harus tetap terjaga, agar terjaringnya bibit-bibit atlet berbakat dalam bidang olahraga dan seni untuk dibina dan dikembangkan. Sehingga dapat menghasilkan murid terbaik dari masing-masing cabang olahraga dan seni yang mampu berprestasi mengharumkan nama daerah,” sebutnya.

Dikesempatan yang sama, Panitia Pelaksana Kegiatan Ali Ibnu Amar yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) SD Disdikbud ini menyebutkan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yakni Memberikan wadah untuk berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik dalam pengembangan diri, Menumbuhkembangkan daya kreativitas dan motivasi peserta didik untuk mengekspresikan diri melalui kegiatan sesuai dengan minat, bakat dan kemampuannya.

“Menanamkan dan meningkatkan apresiasi seni khususnya nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa dan menanamkan nilai-nilai luhur olahraga yaitu nilai-nilai fair play,” ujarnya.

Diterangkan Ali, waktu pelaksanaan kegiatan FLS2N dan O2SN hanya satu hari dengan lokasi berbeda – beda di setiap cabangnya.

“Dimana, untuk Cabang Silat dan Karate di SDN 004 Teluk Binjai, Cabang Gambar Bercerita dan Kriya Ayam di SDN Binsus Kota dan Cabang Seni Tari, Menyanyi Tunggal dan Pantomim di Gedung Ki Hajar Dewan Tara Disdikbud Kota Dumai,” terangnya.

Total peserta yang mengikuti kegiatan FLS2N dan O2SN sebanyak 58 peserta dengan rincian,  Cabang Pencak Silat berjumlah 6 peserta, Cabang Karate berjumlah 14 peserta, Cabang Seni Tari berjumlah 12 peserta, Cabang Pantomim berjumlah 10 peserta, Cabang Menyanyi Tunggal 5 peserta, Cabang Kriya Anyam 6 peserta dan Cabang Gambar Bercerita 5 peserta.

“Untuk dewan juri berasal dari Seniman, Musisi, FORKI dan IPSI yang ada di Kota Dumai,” sebut Ali seraya menambahkan, bahwa peserta didik yang mengikuti seleksi FLS2N dan O2SN tingkat kota ini merupakan hasil seleksi dari tingkat kecamatan.

Ditingkat Kota, kata Ali, Disdikbud Kota Dumai akan memilih dua terbaik dari masing – masing cabang yang selanjutnya akan dikirim ke tingkat Provinsi Riau.

“Ditingkat Provinsi kita hanya mengirim video saja, karena seleksinya dilakukan secara daring/online,” tutupnya seraya mengucapkan terima kasih atas dukungan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kota dan K3S Kecamatan.




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan