Riau

Himbauan Danramil/02 Kepada Masyarakat Untuk Cegah Karhutla

DUMAI (MR) - Kodim 0320/Dumai Melalui Babinsa Kelurahan Bagan besar timur Serma Zul Efendi, Melaksanakan Patroli dan Sosialisasi dalam rangka pencegahan karlahut di Jalan Inpres Kelurahan Bagan besar kecamatan Bukit Kapur.

Yang mana Hampir setiap tahunnya, Kecamatan Bukit Kapur selalu dilanda kebakaran hutan dan lahan. 

Tujuan Babinsa dari kegiatan sosialisasi ini adalah untuk menyadarkan masyarakat bahwa pencegahan kebakaran hutan dan lahan adalah tanggung jawab bersama. 

Kegiatan ini juga menekankan bahwa saat ini, upaya pencegahan perlu diprioritaskan agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan banyak kerugian.

“Berdasarkan informasi dari BMKG bahwa Kecamatan Bukit Kapur telah memasuki musim kemarau panjang yang di perkirakan Bulan Juli hingga Agustus, Antisipasi sejak dini perlu dilakukan dan menjadi prioritas guna mencegah terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kecamatan Bukit Kapur,” Jelas Danramil 02/Bukit Kapur Kapten Arh M.I.Daulay saat ditemui di Makoramil 02/BK.

“Saya tegaskan sekali lagi, jaga lingkungan kita jangan sampai ada yang terbakar, Mencegah kebakaran hutan dan lahan adalah tanggung jawab kita bersama, Ruginya banyak jika terjadi kebakaran, kebun sawit, jagung, karet akan habis terbakar, rugi waktu, tenaga, materi, kesehatan pun jadi terancam akibat kabut asap. Seharus banyak hal lain yang lebih bermanfaat bisa kita lakukan jika tidak terjadi kebakaran,” terangnya.

Ia juga meminta kerjasama seluruh pihak untuk pendataan kebun dan lahan masyarakat.

“Saya meminta agar masing-masing Babinsa bekerja sama dengan ketua RT setempat mendata lahan masyarakat, baik lahan produktif maupun lahan tidur, juga mendata masyarakatnya yang bekerja sebagai petani sawit dan perkebunan masyarakat, ini bertujuan agar lebih mudah dalam pemantauan dan pengawasan terhadap faktor-faktor yang bisa menimbulkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Saya juga meminta kepada seluruh ketua RT, agar menyampaikan hasil sosialisasi kita ini kepada masyarakat kita khususnya tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan serta ancaman bagi orang yang sengaja membuka lahan dengan cara dibakar,” Pinta Danramil.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan