Opini

Resensi Buku Oleh Lailatul Rahma

Lailatul Rahma
Identitas Buku
Judul : Perspektif baru penulisan sejarah Indonesia
Editor : Henk Schulte Nordholt, Bambang Purwanto, dan Ratna Saptari
ISBN : 978-602-433-323-2 (digital)
Penerbit : Yayasan Pustaka Obor Indonesia; KITLV-Jakarta
Halaman : 446 hlm
Tahun terbit : 2008
 
Sinopsis Buku
 
Buku ini menceritakan tentang seluk beluk perspektif baru penulisan sejarah Indonesia dalam pemberlakuan prinsip baru dalam kajian sejarah sosial yang akan mendorong sejarawan Indonesia dalam menulis sejarah sosial yang memperhatikan pengalaman hidup sehari-hari masyarakat dan kebanyakan orang. Menulis sejarah terutama sejarah nasional, bukan hanya sekedar kegiatan intelektual ataupun akademis saja, tetapi juga meruakan sebuah kegiatan yang bermakna politis karena sejarah dianggap sebagai dasar akan kesadaran bangsa yang berfungsi untuk memperkuat idebtitas nasional atau kolektif bangsa.
Buku Perspektif Baru Penulisan Sejarah ini berusaha mengangkat historiografi yang reflektif yang tidak hanya menguji secara kritis metodologi sejarah tetapi juga merumuskan dan menguji kembali berbagai klaim kebenaran dan juga melihat bagaimana hal tersebut merupakan dinamika sejarah. Tema-tema yang diangkat dalam penilisan buku buku ini seperti penulisan sejarah lokal, peran sejarawan dalam penulisan sejarah, periode sejarah yang diluoakan, pemahaman kembali mengenai arti peristiwa sejarah, ataupun tokoh-tokoh yang terlupakan dan tak kalah menarik buku ini memberikan perhatian terhadap sumber-sumber yang jarang dipakai sepetti film, foto, sejrah lisan, karya sastra, serta lukisan dalam membuat narasi sejarah lain.
 
Kelebihan dan Kekurangan Buku
 
Buku ini berisi berbagai tulisan yang sangat direkomendasikan untuk semua kalangan bagi bangsa yang ingin mengenal orisinalitas bangsanya sendiri. Bahasa yang disajikan pun mudah untuk dimengerti, Adapun satu-satunya kelemahan buku ini adalah kurangnya ilustrasi ataupun foto dari peristiwa yang dikaji hingga fakta terkini yang sedikit kurang up-to-date. Kesimpulan akhir, buku ini dipercaya dapat menggugah kembali selera membaca masyarakat dan sebuah terobosan terbaru dalam sejarah Indonesia.
 
 
Nama : Lailatul Rahma (19046092)
Dosen Pengampu : Piki Setri Pernantah, M.Pd
 

 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan