Nasional

Mensos : Izin Panti Tunas Bangsa Dicabut 2012 Silam, Karena Tidak Layak

Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansah

JAKARTA (MR) - Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa angkat bicara soal panti jompo dan panti asuhan yang dikelola Yayasan Tunas Bangsa terkait dugaan penelantaran para penghuninya.

Ia mengatakan panti tersebut pernah dilaporkan pada 2012 silam oleh Satuan Bakti Pekerja Sosial. Namun laporan tersebut tidak direspons.

"Pernah dilaporkan bahwa di sini ada pengasuhan yang kurang terstandar, tapi belum direspons,"ujar Khofifah di Kementerian Sosial (Kemsos), Jalan Salemba Raya nomor 28, Senen, Kota Jakarta Pusat, baru - baru ini.

Diketahui izin dari panti tersebut dicabut pada 2011. Namun pihak yayasan mengajukan permohonan izin kembali pada 2014.

"Yayasan sebetulnya sejak 2011 sudah dicabut izinnya. Terakhir mengajukan 2014. Kalau sudah diputuskan ditutup, itu mungkin dikasih plang gede gitu, bahwa panti sosial ini sudah ditutup. Mohon masyarakat tidak melakukan aktivitas,"imbuh Khofifah.

Untuk mencegah terjadinya kembali kasus seperti yang terjadi di Panti Tunas Bangsa, Khofifah mengajak peran aktif masyarakat. Sebab, peran aktif dan informasi dari masyarakat akan membantu pemerintah dalam mengambil tindakan selanjutnya.

Ia juga meminta dinas sosial seluruh Indonesia segera melakukan monitoring kunjungan ke panti panti sosial, anak, lansia, orang dengan gangguan jiwa.

"Tolong segerakan melakukan kunjungan. Jadi, kalau kita sudah pernah ingatkan kasus A, kasus B, kasus C, jadi tolong dinsos tingkat dua melakukan kunjungan ke berbagai lembaga kesejahteraan sosial, terutama lembaga kesejahteraan sosial anak," ujarnya.(detikcom)

 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan