Riau

Cegah PMK, Sertu Mahyudin Datangi Peternakan

DUMAI (MR) - Babinsa Koramil 01/Dumai - Kodim 0320/Dumai Sertu Mahyudin pada hari Senin  25 Juli 2022  Melaksanakan Pemantauan dan Pendampingan Peternak Sapi serta Sosialisasi PMK di RT 16 Kelurahan Purnama Kecamatan Dumai barat dikandang Sapi dan Kambing milik Hengki Prabowo Santoso,  dalam rangka waspada wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di wilayah kelurahan binaannya.

Dikatakan Babinsa Sertu Mahyudin, bahwa Langkah tersebut menindaklanjuti arahan pimpinan kepada jajarannya untuk terus memeriksa kondisi hewan ternak di wilayah binaan dalam rangka antisipasi penyebaran luas wabah PMK.

“Meskipun penyakit ini belum menyebar luas, antisipasi sedini mungkin sangat diperlukan mengingat wabah ini semacam virus yang mudah menular, ” jelasnya.

Selain itu pihaknya juga melakukan himbauan terhadap warga setempat untuk pencegahan penyakit PMK ini dengan cara penyekatan keluar masuknya sapi dari luar daerah serta melapor kepada petugas agar cepat di tangani.

“Waspadai jika hewan peliharaan kontak langsung dengan hewan lain diluar daerah, penyakit ini mudah menular, dan laporkan kepada pihak dinas terkait  dan akan diteruskan ke Dinas Pertanian dan Peternakan apabila menemukan gejala penyakit ini,” Imbuhnya.

Babinsa juga mengingatkan para peternak untuk rutin memeriksa hewan ternak, dan jika ada gejala atau indikasi terjangkit PMK segera melapor kepada instansi terkait atau aparat terdekat.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan