Nasional

Mantap...!!! Pelaksanaan HPN Kian Matang

MALUKU (MR) -  Perhelatan akbar insan pers Indonesia, yakni Hari Pers Nasional (HPN) 2017 tinggal menghitung hari. HPN 2017 di Ambon, mendatang dipastikan akan semakin semarak dan bernuansa Nasional maupun internasional, setelah dipastikan akan hadirnya sejumlah utusan negara sahabat di Ambon, dalam kegiatan pers tersebut.

Panitia lokal pelaksana HPN, hingga kini masih terus berkoordinasi dengan panitia pusat, terkait dengan tamu undangan yang akan mulai berdatangan ke Maluku, awal Febuari besok.

Sekretaris daerah (Sekda) Maluku, yang juga ketua panitia lokal melalui Kepala Bagian Humas, Biro Humas dan Protokoler Setda Maluku Bobby Kin Palapia mengatakan, untuk kehadiran para tamu-undangan di Kota Ambon, dipastikan berdatangan mulai dari tanggal 4 hingga 8 Ferbuari mendatang.

Peserta, tamu dan undangan itu, tidak saja dari dalam negeri melainkan luar negeri juga akan hadir. "Untuk tamu dari luar negeri sampai siang ini, sudah kita pastikan sekitar 21 Duta Besar. kemudian juga ada tiga atau empat wartawan dari media asing yang juga turut hadir saat HPN nanti, " kata Palapia seperti diwartakan Ambon Ekspres, Senin, (30/1).

Sementara untuk persiapan panitia pelaksana dalam menyambut kegiatan Pers tersebut, baik lokal maupun Nasional sudah mencapi 95 persen. Hal itu juga telah terlihat dari sejumlah rentetan kegiatan menjelang HPN selama ini.

"Sudah mencapai 95 persen, lima persen itu hanya untuk pemantapan dari seluruh bidang-bidang dalam pelaksanaan HPN ini," tuturnya.

Untuk kegiatan yang dilakukan sebelum maupun saat pelaksanaan HPN itu berlangsung, lanjut juru bicara pemerintah provinsi ini, yakni seminar-seminar maupun sejumlah kegiatan yang sifatnya akan membawa dampak positif bagi pembangunan maupun kemajuan daerah ini.

"Ada seminar, pendidikan, seminar perikanan kelautan, kemudian ada konfrensi-konfrensi, termasuk persoalan media dan masyarakat Maluku. Bahkan soal ancaman dan kekerasan terhadap jurnalis juga akan dibahas dalam HPN ini. Yang kami sampaikan ini hanya yang besar saja. Sedangkan untuk teknis itu merupakan tanggungjawab dari bidang-bidang yang ada," jelas dia.

Prinsipnya lanjut Palapia, kegiatan HPN ini, dapat mengangkat citra Maluku, baik dikancah nasional maupun internasional. Terutama Maluku sebagai laboraturium kerukunan antar umat beragama. Termasuk Maluku yang kaya akan sumber daya alam, terutama laut itu.

"Selain para Dubes, kemudian seluruh wartawan baik nasional maupun internasional, juga akan hadir pak Presiden dan sejumlah pejabat yang ada," terangnya.

Sejumlah fasilitas tinggal seperti Hotel dan penginapan dipastikan akan terisi secara penuh oleh para peserta HPN yang ada. Tidak saja hotel dan penginapan, sebagian rumah warga juga dipersiapkan untuk menampung para peserta dari luar Maluku itu.

Sebelumnya, perhelatan akbar insan pers nasional, yakni Hari Pers Nasional ini juga dipastikan akan semakin semarak dan bernuansa internasional, setelah dipastikan akan hadirnya sejumlah negara sahabat di Ambon, dalam kegiatan pers tersebut.

Tercatat, saat ini sudah 6 duta besar yang memastikan diri hadir di Ambon yakni Vietnam, Rusia, Filipina, Slovakia, Pakistan dan Korea Utara.

Negara-negara lain seperti Kroasia, Austria, Malaysia, Korea Selatan, Cina dan Suriname juga akan mengkonfirmasi kesediaan mereka untuk menghadiri HPN di Ambon.

Tidak saja duta besar dan perwakilan negara akan ada juga perwakilan badan-badan dunia juga akan turut hadir di Ambon.***

Panitia HPN 2017




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan