Riau

BINDA Rokan Hilir Gelar Vaksinasi Massal di Kecamatan Pasir Limau Kapas

BIN Rohil gelar vaksinasi terapung dilakukan di dalam speedboad, Rabu (3/8/2022).

ROHIL (MR) - Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Kabupaten Rokan Hilir menggelar vaksinasi massal Cov-19 dosis pertama, kedua dan ketiga (Booster) periode bulan Agustus 2022 bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Pasir Limau Kapas, Rokan Hilir, pada Rabu (3/8/2022).

Koordinator Wilayah Badan Intelijen Negara (BIN) Kabupaten Rokan Hilir  Alfian mengatakan, BIN mendapat perintah dari Presiden Joko Widodo untuk turut serta melaksanakan percepatan vaksinasi di seluruh wilayah Indonesia, dengan target di Riau 4 ribu dosis perhari.

"Hari ini BIN Rokan Hilir melaksanakan kegiatan vaksinasi massal yang di fokuskan di Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika) yang merupakan salah satu daerah terluar, terpencil dan terisolir (3T) yang berbatasan langsung dengan Malaysia," terang Alfian.

Alfian menjelaskan, dalam pelaksanaan vaksin tersebut BIN menggandeng Pemerintah Kecamatan Palika, seluruh Datuk Penghulu dan Kelurahan dalam rangka tercapainya percepatan vaksinasi di Kecamatan Pasir Limau Kapas Rokan Hilir.

Vaksinasi massal yang digelar di Kecamatan Pasir Limau Kapas disiapkan sebanyak 180 vial vaksin. Proses pelaksanaan vaksinasi massal itu di dimulai dengan mendirikan Posko Vaksinasi Covid-19 di Pelabuhan Syahbandar Panipahan di JL Bakti.

BIN Rohil juga melakukan vaksinasi secara door tu door dengan mendatangi langsung rumah warga untuk melakukan vaksinasi. Kemudian vaksinasi terapung dilakukan di dalam speedboad. 

Dengan harapan agar seluruh masyarakat yang berada di Kecamatan Pasir Limau Kapas terhindar dari wabah Covid-19, selalu sehat sehingga perekonomian masyarakat di Kecamatan Pasir Limau Kapas semakin meningkat.

Vakdinasi massal yang dilaksanakan BIN Rokan Hilir di Kecamatan Pasir Limau Kapas melibatkan 9 orang (sembilan) tenaga medis dari Puskesmas Panipahan di pimpin Pelaksana tugas (Plt) Kepala Puskesmas Panipahan, Ns Nurhayati, S.Kep.

Dalam rangka melaksanakan vaksinasi massal yang diselenggarakan Badan Intelijen Negara (BIN) Rokan Hilir Datuk Penghulu Panipahan Edi Syahrial mewakili Datuk Penghulu dan Lurah Panipahan Kota menyampaikan ucapan terimakasih kepada Presiden RI Ir.Joko Widodo, juga kepada BIN Daerah Riau  yang telah menyelenggarakan vaksin massal di Kepenghuluan Panipahan Kecamatan Pasir Limau Kapas.

"Alhamdulillah kegiatan vaksinasi massal berjalan sukses dan lancar dan tidak ada hambatan," ujarnya.

BIN Daerah Riau sebelumnya tengah melaksanakan kegiatan ini berlangsung tersebar di beberapa titik, diantaranya di Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan, Kandis Kabupaten Siak, di Kecamatan Pasir Limau Kapas Kabupaten Rokan Hilir dan Bantan Kabupaten Bengkalis.

Vaksinasi yang dilakukan oleh BIN Daerah Riau ini merupakan benteng pelindung bagi seluruh masyarakat dari Covid-19 yang saat ini tengah menjadi pandemi.

Kepada seluruh masyarakat tidak perlu khawatir, karena vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia telah disertifikasi oleh WHO. "Sehingga tidak perlu diragukan lagi khasiat dan manfaatnya,” kata Kepala BIN Daerah Riau, R. Wibisono Hendroyoso.

Sepanjang tahun 2022, BIN Riau menargetkan 4.000 dosis vaksin untuk disebar setiap harinya. Selain di Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak, Kabupaten Rokan Hilir dan Kabupaten Bengkalis, kegiatan vaksinasi juga dilakukan di titik lain di Provinsi Riau baik secara terpusat maupun door to door langsung di rumah masyarakat.

Perlu diketahui, saat ini Pemerintah Republik Indonesia melalui berbagai Instansi terus berupaya mencegah terjadinya gelombang lanjutan penyebaran Covid-19. 

Selain itu, munculnya varian baru seperti Omicron juga menambah kekhawatiran masyarakat akan wabah Covid-19 sehingga Pemerintah Indonesia akan terus mengajak masyarakat untuk ikut vaksin Covid-19 dan taat terhadap protokol kesehatan.

Tampak hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Rokan Hilir, Yandra, S.IP.,M.Si, didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat PMD Rohil Jamri, kemudian Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Zufrizal dan Camat Palika Budi Irawan, SE beserta seluruh jajaran Upika Palika lainnya. (Wisman)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan