Riau

Mahasiswa Kukerta BK UNRI Gelar Sosialisasi PHBS di SDN 23 Desa Pambang Baru

MONITORRIAU.COM - Tim pengabdian kukerta Balek Kampung (BK) Universitas Riau Desa Pambang Baru tahun 2022 mengadakan sosialisasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) berupa senam cuci tangan dan kegiatan cuci tangan pakai sabun yang baik dan benar, di SDN 23 Desa Pambang Baru, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Sabtu (23/7/2022).
 
Tim pengabdian kukerta Balek Kampung (BK) Universitas Riau Desa Pambang Baru tahun 2022 dibawah bimbingan Bapak Rezi Abdurrahman, M.Ak ini beranggotakan 9 orang yang diketuai Muhammad Al – Zikri (Ilmu Pemerintahan), dengan anggota Barra Sastra Gibrani (Pendidikan Ekonomi), Sri Oktavia (Pendidikan Sejarah), Dian Tiara (Ilmu Keperawatan), Mely Dwi Suhana (Pendidikan Kimia), Emily Muslimah (Pendidikan Matematika), Nur fadila (Ilmu Komunikasi), Siti Nurfatin (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), dan Sutinah (Teknik Arsitektur).
 
Kegiatan sosialisasi PHBS ini dilaksanakan sebagai bentuk edukasi kesehatan sejak dini, sekaligus bentuk pencegahan atas permasalahan kesehatan yang marak terjadi. Hal ini juga selaras dengan program yang digalakkan pemerintah yakni pencegahan stunting.
 
Muhammad Al - Zikri sebagai ketua kelompok Kukerta UNRI menuturkan bahwa sosialisasi ini diadakan tidak hanya sekedar yang berjalan begitu saja tanpa ada manfaat yang bisa didapatkan. Oleh karena itu, materi sosialiasi ini benar – benar dipersiapkan dengan matang sebelum hari H pelaksanaan. 
 
‘’Kita ketahui bersama bahwa cuci tangan yang baik dan benar adalah salah satu aspek perilaku hidup bersih dan sehat. Maka, kami mahasiswa mencoba memberikan edukasi tersebut dengan sasaran anak – anak SD bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar. Mengapa demikian ? karena anak – anak sangat rentan terhadap berbagai jenis kuman dan penyakit, apalagi kadang saat bermain kotor bisa saja sambal makan jajanan. Sehingga diharapkan dengan adanya sosialisasi ini bisa memberikan pemahaman kebersihan sejak dini,’’ Ujar Muhammad Al – Zikri.
 
Sosialisasi PHBS ini disambut baik oleh pihak SDN 23 Bantan. Kepala sekolah menyampaikan program ini bisa terlaksana.
 
‘’Tentunya kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi kegiatan yang ditaja mahasiswa Kukerta UNRI ini. Program ini tentunya sangat berguna untuk anak – anak didik kami kedepannya. Anak – anak didik kami jadi paham, bagaimana cara mencuci tangan yang baik, benar, dan bersih. Terlebih lagi, nanti anak – anak merasa ada jejak bermanfaat yang ditinggalkan kakak – kakak kukerta UNRI disini’’ Ujar Kepala SDN 23 Bantan.
 
Sosialisasi dikonsepkan dengan didahului senam pagi bersama, dilanjutkan dengan sosialisasi PHBS, praktek senam cuci tangan 6 langkah, dan ditutup dengan kuis seputar kebersihan dan pembagian doorprize kepada anak – anak.
 
Dari Program sosialisasi PHBS ini diharapkan pola hidup sehat bisa diterapkan atau diimplementasikan sejak dini oleh siswa- siswi SDN 23 Bantan sebagai pencegahan awal dari penyakit kesehatan lainnya.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan