Opini

VISI RIAU UNGGUL

Tak lama lagi, tepatnya tanggal 9 Agustus 2022, Provinsi Riau berusia 65 Tahun, pada perayaan ini turut serta pemerintah memberikan tema Riau Unggul. 
 
Berbagai agenda kegiatan menyamput dan memeriahkan Ulang Tahun Provinsi Riau telah disusun dan dipersiapkan oleh panitia yang telah dibentuk. 
 
Namun yang menarik adalah penetapan tema Riau Unggul dalam perspektif yang bagaimana ? Apa barometer Pencapaiannya ? sementara itu sejak tahun 2020 Covid 19 masih ada di Riau. 
 
Kalau mengacu pada Visi Riau 2019 - 2024 dalam priode kepemimpinan saat ini, Visi yang ditetapkan "Terwujudnya Riau yang berdaya Saing, Sejahtera, Bermartabat dan Unggul di Indonesia (Riau Bersatu) sebagaimana dikutip dari beberapa sumber. 
 
Jika dicermati, maka hal ini menunjukan bahwa secara konsepional terdapat 3 raihan menuju Riau unggul yang ingin diraih Yakni 1.Sejahtera.2.Berdaya Saing dan 3. Bermartabat. 
 
Namun dalam perjalanan waktu selama lebih kurang 3 tahun ini sampai dimana tingkat pencapaiannya ? Dalam suasana Covid 19 yang saat ini mulai berkurang. 
 
Memang dalam organisasi modern dituntut adanya suatu visi dengan harapan akan dapat diwujudkan, hal ini sebagaimana dikatakan Kuncoro (2006) memberikan defenisi "Visi adalah suatu pernyataan komperhensif tentang apa yang diinginkan organisasi, mengapa organisasi berdiri dan apa yang diyakininya atau gambaran masa depan Organisasi" melihat konsep tersebut banyak hal yang perlu menjadi perhatian dalam upaya mewujudkan Visi tersebut. 
 
Salah satunya persoalan tuntutan adanya pemimpin yang visioner dalam kepemimpinan organisasi. Apalagi pada organisasi publik yg ruang lingkup dan cakupannya sangat luas. 
 
Keberhasilan dalam mewujudkan visi sebagai suatu harapan bukan persoalan bisa atau tidaknya namun lebih ditekankan pada bagaimana proses menetapkan visi itu sendiri, minimal diperlukan evaluasi diri dalam dimensi yang luas minimal melalui analisis SWOT, sehingga nantinya akan ditemui solusi dan strategi yang tepat agar visi tersebut dapat diwujudkan sesuai harapan.
 
jika dilihat dari tema yang menonjolkan kata Unggul seakan-akan hal tersebut telah terwujud sementara masih ada sisa waktu 2 tahun lagi sebagaimana visi yang telah ditetapkan. 
 
Sebab kata Unggul memiliki pengertian secara sederhana terbaik. Sedangkan tiga sentral visi itu sendiri masih menjadi tanda tanya apakah telah berhasil menjadi yg terunggul bilamana dikupas dalam berbagai aspek,misalnya sejahtera,berdaya saing dan bermartabat.
 
Namun demikan mari kita ucapkan Selamat Ulang Tahun ke 65 Propinsi Riau semoga kedepan semakin terbilang dan gemilang.
 
Ditulis Oleh : Drs.Sofyan.M.Si
Pernah menjadi ketua program studi di STIA Lancang Kuning Dumai lebih kurang 18 tahun.
Wakil Ketua Dewan pengupahan semasa Sukri Harto.
Sekarang Dosen tetap STIE Mahaputra Riau.
 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan