Riau

Mahasiswa Kukerta Balek Kampung UNRI Lakukan Kunjungan ke UMKM Berbasis Tanaman Kelor di Salo

SALO (MR) - Kelompok Kukerta Balek Kampung Desa Kuok melakukan kunjungan ke Dapur Aru, sebuah UMKM yang menggunakan bahan baku tanaman Moringa atau Kelor di Desa Salo, Rabu (20/07/2022) yang lalu. 

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka observasi produk yang dapat dihasilkan oleh tanaman kelor serta pendalaman pengetahuan menjelang sosialisasi UMKM dan penanaman bibit kelor yang diselenggarakan dalam waktu dekat oleh kelompok Kukerta Balek Kampung UNRI Desa Kuok 2022. 

Dapur Aru selaku UMKM yang menggunakan tanaman kelor sebagai bahan baku sudah berhasil membuat berbagai macam produk seperti cokelat kelor, cookies kelor, sabun yang berbasis kelor dan serai wangi, abon ikan patin dan kelor, serta berbagai macam produk olahan lainnya dengan bahan dasar tanaman kelor.

Sari selaku pemilik dari Dapur Aru menjelaskan bahwa produk olahan di sana merupakan hasil kolaborasi dengan suaminya yang melakukan penelitian di Balai Penerapan Standarisasi Instrumen-LHK (BPSI-LHK) Kuok.

Dari kegiatan ini, kelompok Kukerta Balek Kampung UNRI Desa Kuok 2022 mendapatkan pengetahuan yang dapat menunjang kegiatan sosialisasi UMKM dan penanaman bibit kelor yang bekerja sama dengan BPSI-LHK dan Pemerintah Desa Kuok dalam waktu dekat.

Kelompok Kukerta Balek Kampung UNRI Desa Kuok 2022 merupakan salah satu kelompok Kukerta yang mendapatkan izin dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNRI dengan buk Dr. Trisla Warningsih, S.Pi., M.Si sebagai Dosen pembimbing lapangannya. (Rls) 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan