Opini

BERBAGI KERJA

Keberhasilan dalam mencapai tujuan bersama dalam organisasi itulah kesimpulan beberapa ahli organisasi dan manajemen dalam pengertian sederhana. 
 
Namun realitanya ternyata terdapat organisasi yg berhasil dan ada pula yang gagal, tentu kedua hal tersebut ada sebab musababnya. 
 
Salah satu penyebabnya antara lain belum terjalin kerja sama diantara anggotanya. Apalagi pada organisasi yang bersifat non bisnis biasanya persoalan kerja awal terjadinya ketidak sesuian yang kadang kala menimbulkan konflik diantara sesama. 
 
Sebab membagi kerja secara adil dengan pertimbangan kemampuan dan kapasitas dapat menimbulkan rasa ketidak percayaan satu sama lainnya. 
 
Misalnya si A bekerja sedikit dan si B Bekerja lebih banyak pada hal kerja tersebut untuk bersama.
 
Memang pekerjaan yang susah dan perlu pertimbangan dan ketegasan adalah membagi kerja.malah ada yg mengatakan kalau menambah, lengurang dan mengkali semuanya bisa tapi kalau membagi memang berat dan membawa dampak pada kelangsungan kerja sama itu sendiri. 
 
Untuk itu diperlukan adanya pemimpin yang bijak dalam hal ini. Bak kata pepatah minang "Pemimpin didahulukan selangkah dan ditinggikan seranting" artinya pemimpin orang pilihan, terpercaya dan dihormati atas apapun keputusan yg ditetapkannya.
 
Mari jadikan membagi kerja menjadi suatu hal yg biasa dalam berorganisasi dan anggap kerja sebagai amanah sehingga apapun kerja yg diberikan dapat dikerjakan dengan tulus dan ikhlas dalam rangka mencapai tujuan bersama.
 
Penulis
Drs.Sofyan.M.Si
Dosen tetap STIE Mahaputra Riau
Mantan ketua Prodi STIA LK Dumai
Penasehat Gonjong Limo kota Dumai
Pensehat IKA FIA UNILAK
Mantan Wakil Ketua Dewan Pengupahan Kota Dumai




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan