Opini

MOTIVASI DAN REWARD

Keberadaan sumber daya manusia merupakan aset bagi organisasi dan dijadikan salah faktor yang menentukan bagi keberhasilan organisasi, sehingga kedudukan sumber daya manusia menjadi strategis khususnya melaksanakan aktivitas organisasi. 
 
Namun demikian pentingnya peran, tugas dan fungsi yg dimainkan tersebut juga berkaitan pula dengan tujuan SDM dalam organisasi yang perlu diberikan agar nantinya memberikan kontribusi yang sesuai harapan, untuk itu organisasi perlu memberikan Motivasi baik dalam bentuk materil maupun non materil yg diharapkan menjadi daya dorong SDM dalam bekerja. 
 
Hal ini senada pemikiran yang disampaikan Robbin (2002 : 55) "Mengatakan Motivasi adalah keinginan untuk melakukan sebagai kesediaan untuk mengeluarkan tingkat upaya yang tinggi untuk organisasi yang dikondisikan oleh kemampuan upaya itu untuk memenuhi kebutuhan individu", dalam konsep ini setiap individu atau SDM manusia memiliki harapan terhadap organisasi agar memberikan imbalan jasa atas apa yg telah diberikan kepada organisasi. 
 
Salah satu bentuk perwujudan yang dapat dilakukan agar segenap potensi dan kompetensi SDM perhatian atas pemberian Reward atas pengabdian SDM tersebut. 
 
Sebab menurut Leman (2005) Mengatakan "Reward adalah sesuatu yg diberikan kepada seseorang atau kelompok jika mereka melakukan sesuatu keunggulan dibidang tertentu" dengan pemberian tersebut menjadi sesuatu yang menarik, mempertahankan dan sekaligus memotivasi. 
 
Artinya motivasi dan reward perlu ada dalam organisasi.
 
Pemberian reward dapat berupa material sepeti hadiah dan non material dalam bentuk pemberian pujian, penghormatan dan penghargaan. 
 
Melalui usaha memotivasi dan memberikan reward kepada SDM menunjukan peran dari SDM tidak terlepas bagi keberhasilan pencapaian tujuan organisasi.
 
 
Penulis
Drs.Sofyan.M.Si
Dosen tetap STIE Mahaputra Riau
Mantan ketua Prodi STIA LK Dumai
Penasehat Gonjong Limo kota Dumai
Pensehat IKA FIA UNILAK
Mantan Wakil Ketua Dewan Pengupahan Kota Dumai




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan