Riau

ORGANISASI DAN HUMAN RELATION

Berbicara Organisasi suatu hal yang menarik, baik sebagai pengguna apa yang dihasilkan organisasi maupun sebagai pelaku dalam organisasi.
 
Banyak kepentingan yang dapat terpenuhi bila terlibat dan berperan aktif dalam organisasi, salah satunya untuk memenuhi kebutuhan hidup yang tak mungkin dapat dipenuhi sendiri, disamping manusia sebagai makhlus sosial memerlukan saling berinteraksi satu sama lainnya, wadahnya adalah dengan berorganisasi.
 
Dalam kaitan manusia dan organisasi menurut Burky dan Perry yang dikutip Winardi dalam buku teori organisasi mengatakan "Pengertian dari sebuah organisasi merupakan sebuah kesatuan yang terdiri dari beberapa individu yang dilakukan secara bersama dalam mencapai tujuan secara bersama" bila dilihat dari perspektif manusia sebagai bagian dari organisasi jelas kunci keberhasilan adalah terjalinnya kerja sama dengan melaksanakan peran masing-masing, apakah sebagai pemimpin ataupun sebagai bawahan dengan orientasi meraih tujuan bersama. 
 
Kerja sama sebagai upaya mencapai tujuan bersama tentu berkaitan pula dengan komunikasi, interaksi dan penyampaian informasi yang dapat dipahami semua anggota organisasi sehingga tidak menimbulkan persepsi yg berbeda dalam menindak lanjutinya dapat pula berakibat konflik dalam organisasi. 
 
Salah satu upaya untuk menghindari persoalan komunikasi tersebut, maka perlu organisasi memperhatikan dan melaksanakan Human Relation yang lebih menekankan pada menciptakan hubungan yang manusiawi diantara sesama anggota organisasi.
 
Hal ini sebagaimana dikatakan SP Siagian (2010) dalam buku pengantar Ilmu Administrasi bahwa "Human Relation manusia keseluruhan rangkaian hubungan baik, baik formal maupun informal yaitu antara atasan dengan bawahan yang dibina dan dipelihara sedemikian rupa sehingga tercipta suatu tujuan" Namun keberhasilan melaksanakan Human Relation dalam organisasi keberhasilannya ditentukan pula pada gaya kepemimpinan seorang pemimpin di organisasi. 
 
Sebab Human Relation hendaknya memperhatikan prinsip human relation itu sendiri, sehingga melalui human relation diterapkan dalam organisasi akan terwujud kenyamaan dan ketenangan serta kepuasan dalam bekerja di organisasi. Semoga Human relation menjadi pendukung mewujudkan tujuan organisasi.
 
 
Penulis
Drs.Sofyan.M.Si
Dosen tetap STIE Mahaputra Riau
Mantan ketua Prodi STIA LK Dumai
Penasehat Gonjong Limo kota Dumai
Pensehat IKA FIA UNILAK
Mantan Wakil Ketua Dewan Pengupahan Kota Dumai




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan