Riau

Pelda Joko Menghimbau Peternak Waspadai PMK

DUMAI (MR) - Kodim 0320/Dumai Melalui Babinsa Koramil 02/Bukit Kapur Pelda Joko Babinsa Kelurahan Bukit Kayu Kapur, menghimbau warga dan melakukan Pengecekan ke Peternakan tentang Penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak, (14/8).
 
Pelda Joko mengatakan bahwa, dampak dari wabah tersebut menyebabkan sejumlah masalah di daerah, bukan hanya penyakitnya, tapi juga berimbas pada ekonomi bagi peternak
 
Ia menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan ini adalah Untuk menyikapi agar penyakit mematikan pada hewan ternak tidak meluas dengan mengecek ke peternak yang memiliki sapi, kambing serta kerbau dan Sewaktu dipantau, kondisi hewannya sehat dan kandang yang digunakan dalam kondisi bersih.
 
“Saya mengimbau agar peternak selalu menjaga kebersihan kandang dan memberikan pakan ternak yang bergizi. Sehingga, bebas dari penyakit terutama penyakit mulut dan kuku,”Ujarnya.
 
Selaku Babinsa ia mengatakan tidak segan-segan selalu mengingatkan para peternak, apabila mendapati hewan ternaknya bergejala PMK. 
 
"Semisal, tubuh hewan demam, stress dan nafsu makan menurun, serta berlebihan mengeluarkan air liur. “Tetap waspada, sebab PMK cepat penularannya dapat menimbulkan kematian mendadak pada hewan. Jadi kalau ada hewan bergejala peternak segera melaporkan, sehingga mendapat penanganan,” ujar Babinsa.
 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan