Riau

Mahasiswa Kukerta se-Desa Kuok Laksanakan Perlombaan 1 Muharram antar Dusun dan Tabligh Akbar

KUOK (MR) - Sabtu lalu (30/07/2022), kelompok Kukerta se-Desa Kuok melaksanakan kegiatan perlombaan yang bertujuan untuk menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1444H di Masjid At-Taqwa, Dusun Pulau Belimbing 1, Desa Kuok.

Kegiatan ini ditaja sebagai bentuk kerjasama empat kelompok Kukerta yang ada di Desa Kuok, yaitu kelompok Kukerta Balek Kampung UNRI, Kukerta Integrasi UNRI, Kukerta STIFAR dan Kukerta Universitas Pahlawan. Perlombaan yang dilaksanakan di dusun Pulau Belimbing 1 itu diikuti oleh 40 peserta sebagai perwakilan dari masing-masing dusun yang ada di Desa Kuok.

Kegiatan perlombaan tersebut meliputi tiga cabang lomba yaitu perlombaan adzan, hafalan ayat pendek, dan tilawah Al-Qur'an. Untuk adzan dan hafalan diikuti oleh peserta tingkat Ibtidiyah (Setingkat SD) sedangkan untuk tilawah diikuti oleh peserta tingkat Tsanawiyah (Setingkat SMP) dan Aliyah (Setingkat SMA).

Untuk pengumuman pemenang masing-masing cabang lomba diumumkan setelah acara Tabligh Akbar pada keesokan harinya, Minggu (31/07/2022). Tabligh Akbar ini sendiri merupakan rangkaian dari kegiatan dalam menyambut 1 Muharram 1444H dengan mendatangkan Buya Masnur, S.H, M.H sebagai penceramah.

Setelah dewan juri yang dibantu oleh komisi juri yang diketuai oleh M. Faiz Akhimuddin selaku anggota kelompok Kukerta Balek Kampung UNRI, hasil penilaian disampaikan pada sesi pembagian hadiah. Untuk juara umum jatuh kepada dusun Bukit Agung dengan total raihan dua juara 1, dua juara 2 dan satu juara 3 atau 17 poin.

Penyerahan piala juara umum diberikan langsung oleh kepala Desa Kuok, bapak Khairisman, S.H kepada kepala Dusun Bukit Agung, bapak Firman Saputra.

Selepas shalat Isya' berjamaah, para peserta kegiatan Tabligh Akbar menyantap hidangan yang telah disediakan oleh kelompok Kukerta dan juga masyarakat sekitar.

"Kegiatan perlombaan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa spiritualitas kita kepada Allah SWT. dimana kita masih diberi kesempatan untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Dan bantuan oleh masyarakat desa Kuok juga merupakan hal yang vital serta menunjukkan bahwa masyarakat kita masih menjunjung tinggi nilai kebersamaan dan kekeluargaan sehingga kita perlu mempertahankan itu sampai kapanpun." Ujar Muhammad Arief selaku Ketua Pelaksana Kegiatan 1 Muharram 1444H serta ketua Kelompok Kukerta Balek Kampung UNRI Desa Kuok.

Kelompok Kukerta Balek Kampung UNRI Desa Kuok 2022 merupakan salah satu kelompok Kukerta yang mendapatkan izin dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNRI dengan Dr. Trisla Warningsih, S. Pi., M. Si sebagai Dosen Pembimbing Lapangannya. (Rls)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan