Riau

Babinsa Kelurahan Lubuk Gaung Dampingi DKPP Untuk Suntik Hewan Ternak

DUMAI (MR) - Babinsa Kelurahan Lubuk Gaung, Koramil Pwk 03/Sungai Sembilan, Pelda Tovani kembali mendampingi petugas dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Dumai memberikan suntik vitamin kepada ternak milik warga. 

Hal itu dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang ternak warga.

Pelda Tovani menghimbau kepada seluruh warga maupun peternak untuk lebih fokus memperhatikan kebersihan kandang ternaknya baik sapi, kambing ataupun domba.

"Kami selalu bersinergi dengan PPL dan tiga pilar di tingkat kelurahan terus berupaya melakukan tindakan pencegahan dan penanggulangan terhadap virus PMK," katanya saat ditemui pada Sabtu (20/8/2022).

Pelda Tovani juga berharap agar warga segera melaporkan kepada petugas, jika didapati adanya gangguan kesehatan pada hewan ternaknya.

"Yang penting kami minta masyarakat segera melapor kepada petugas bila pada hewan ternaknya ada ciri-ciri terinfeksi virus PMK. Seperti mulut keluar lendir atau busa, lepuh di bawah hidung dan luka pada bagian kuku," imbuhnya.

Sementara itu Danramil Pwk 03/Sungai Sembilan, Kapten Arh H.Sitorus  menyampaikan bahwa pihaknya melalui Babinsa jajaran bersama pihak terkait gencar melakukan tindakan pencegahan maupun penanganan PMK ini.

"Intinya kita lakukan upaya pencegahan, dengan penyuntikan vaksin, selain itu kami juga menghimbau bagi warga pemilik ternak agar rutin membersihkan kandang dan sekitarnya termasuk sarana prasarana yang digunakan dengan harapan tidak ada hewan ternak yang terjangkit virus PMK," ucapnya.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan