Riau

MUI Bengkalis Gelar Pelatihan Bilal, Imam dan Khotib Sholat Jum'at

BENGKALIS (MR) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bengkalis menggelar pelatihan Bilal, Imam dan Khotib Sholat Jum’at untuk wilayah kota Bengkalis dan sekitarnya, Sabtu (4/2/2017) di Sekretariat MUI Kabupaten Bengkalis Jalan Antara.

Pelatihan itu diikuti 24 perwakilan pengurus Masjid. Kegiatan bertema penguatan kapasitas petugas sholat Jum’at dalam penguatan ibadah.

Dikatakan Ketua MUI Kabupaten Bengkalis, Amrizal M.Ag, keberadaan Bilal (Muazzin), Imam dan Khatib Jumat merupakan unsur yang terpenting dalam pelaksanaan Sholat Jumat. Ketiadaan mereka bisa mempengaruhi kesempurnaan bahkan keabsahan sholat Jumat.

"Tidak semua orang mampu menjadi petugas-petugas Jumat, ini boleh jadi disebabkan karena kurangnya penguasaan terhadap keilmuan atau kecakapan yang berkaitan dengan itu," sebutnya.

"Maka dengan itu, secara Inisiatif MUI Kabupaten Bengkalis menggelar pelatihan ini," tambahnya lagi.

Selain itu, Amrizal juga mengatakan berdasarkan pengamatan di lapangan rata-rata Masjid yang berada di sekitar wilayah kota Bengkalis, para petugas sholat Jumat khususnya Imam dan Khatib bukan berasal dari orang-orang tempatan.

"Kalau sewaktu-waktu petugas yang berasal dari luar itu berhalangan, tentu saja pengurus masjid akan kewalahan mencari penggantinya," jelas Amrizal.

Tambah Amrizal, bagi Masjid yang memiliki petugas sholat Jumat dari orang-orang tempatan, sebagian mereka dalam pelaksanaan tugasnya masih ditemukan sedikit kelemahan baik yang berkaitan dengan bacaannya maupun adab-adabnya.

"Hal ini sesuatu yang wajar karena petugas-petugas jumat baik bilal, imam dan khatib yang ada tidak melalui proses kaderisasi yang matang tapi hanya mengandalkan pengetahuan yang mereka dapatkan dari orang-orang tua terdahulu," ungkapnya.

Amrizal berharap dengan kegiatan ini di kemudian hari akan lahir petugas-petugas Jumat baru (baik bilal, Imam dan Khatib tempatan) yang benar-benar memahami dan menguasai keilmuan yang berkaitan dengannya dan cakap dalam menjalankan tugasnya.

Pelatihan yang diselenggarakan dihadiri 2 narasumber diantaranya Ustadz Ahmad Fadli dari Pimpinan Majelis Ilmu dan Amal Al-Burdah dan Ustadz H Ghufronudin, Imam Besar Masjid Agung Istiqamah Bengkalis. Selain itu terhadiri tamu undangan H Ali Ambar selaku Ketua Bazda Kabupaten Bengkalis.*** (bengkalisone)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan