Ekonomi

Naik Lagi, Harga Cabai Merah di Medan Rp 95 Ribu per Kg

MONITORRIAU.COM - Harga cabai merah di Medan kembali naik pada pekan ini. Harga tertinggi komoditas ini di sejumlah pasar di Medan banyak mencapai Rp 95 ribu per kg.

Pantauan detikSumut di sejumlah pasar, Selasa (30/8/2022), di Pusat Pasar Medan misalnya cabai merah dibanderol Rp 95 ribu per kg, Pasar Petisah Rp 90 ribu per kg, Pasar Palapa dan Pasar Sei Sikambing seharga Rp 85 ribu per kg dan Pasar Sukaramai seharga Rp 80 ribu per kg.

Harga cabai merah di Pusat Pasar Medan menjadi pasar yang paling mahal mematok harga cabai merah. Padahal dua pekan lalu harga cabai merah sempat turun ke angka Rp 70 ribu per kg.

"Kenaikan harga cabai merah saat ini karena masih sedikit stok yang masuk ke kota-kota besar sehingga membuat harga melambung tinggi," ungkap Kabid Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Disperindag Sumut Barita Sihite.

Disisi lain, Ekonom Sumut Gunawan Benjamin mengungkapkan mengakui jika harga bahan pangan holtikultura untuk saat ini bergerak naik.

"Dalam seminggu terakhir cabai merah berfluktuasi cukup tinggi seiring dengan perubahan cuaca itu sendiri. Dan harga cabai merah kerap naik saat hujan melanda sejumlah sentra produksi cabai di wilayah kabupaten karo dan sekitarnya atau Sumut pada umumnya," ujar Gunawan.

Namun begitu, Gunawan juga memprediksi bahwa harga cabai merah nantinya akan turun diiringi dengan melimpahnya pasokan dari daerah sentra produksi.

"Saya menilai sekalipun harga beberapa komoditas pangan sulit untuk turun, khususnya untuk tanaman pangan hortikultura. Akan tetapi ada masanya nanti petani terpaksa memanen tanamannya untuk menghindari pembusukan tanaman itu sendiri," ujar Gunawan.

"Jadi kalau kita berandai-andai cuaca akan seperti ini terus (banyak hujan), tetap ada masanya nanti pasokan melimpah di pasar yang memicu penurunan harga secara tiba tiba," pungkasnya."*** (detiksumut) 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan