Riau

Danrem 031 Wirabima Brigjend TNI Parlindungan Hutagalung Mendapat Gelar Datuk Panglimo Lelo Mudo

Danrem 031 Wira Bima (WB) Brigjend TNI Parlindungan Hutagalung S.A.P terima gelar adat Datuk Panglimo Lelo Mudo dari LAM Rohil.

ROHIL (MR) - Komandan Resort Militer (Danrem) 031 Wira Bima (WB) Brigjend TNI Parlindungan Hutagalung S.A.P mendapat gelar adat Datuk Panglimo Lelo Mudo yang memiliki arti, pelindung atau perisai dari Lembaga Adat Melayu (LAM) Rokan Hilir, Rabu (7/9/2022).

Penabalan gelar adat tersebut dilakukan Pemkab Rokan Hilir saat kunjungan perdana Danrem 031 Wirabima Bigjen TNI Parlindungan Hutagalung ke Kabupaten Rokan Hilir bersama ketua Persit KCK Korcab Rem 031 Wirabima Mira Parlindungan berikut rombongan.

Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong bersama jajaran Forkopimda Rokan Hilir menyambut hangat kedatangan Danrem 031 Wira Bima di Taman Budaya Komplek Perkantoran Batu Enam.

Jajaran Forkopimda Rohil yang hadir diantaranya, Wabup H Sulaiman SS MH, Ketua DPRD Maston, Dandim 0321 Rohil Letkol Inf M Erfani SH M.Tr, Kajari Rohil Yuliarni Appy SH MH, Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto, Kajari Rohil Yuliarni Appy SH MH,  Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan lintas organisasi.

Kunjungan Danrem Wira Bima berlanjut ke Rumah Dinas Bupati Rohil di JL Perniagaan Bagansiapiapi Kota dengan prosesi adat Melayu dilanjutkan dengan penabalan gelar oleh tokoh LAM dan tepung tawar oleh tokoh adat dan tokoh masyarakat.

Bupati Afrizal Sintong dalam kesempatan itu mengucapkan selamat datang kepada Danrem 031 Wira Bima Brigjen Parningotan Hutagalung beserta rombongan di Rokan Hilir, sembari mengatakan di Kabupaten Rokan Hilir banyak sejarah merupakan kota tertua yang pernah menjadi penghasil ikan nomor dua terbesar di dunia setelah Norwgia.

Secara geografis, kata Bupati Afrizal Sintong, Kabupaten Rokan Hilir terdiri dari 18 Kecamatan dan 176 Kepenghuluan (Desa), memiliki pulau terluar dan cagar alam.

"Tentunya kita juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Majelis Tinggi kerapatan adat Rokan Hilir yang telah memberikan gelar kepada Danrem 031 Wira Bima dengan Gelar Datuk Panglimo Lelo Mudo" katanya.

Pemberian gelar ini, kata bupati, sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan dari LAM Rohil kepada Danrem 031 Wira Bima yang baru saja bertugas sebagai Komandan Korem 031 Wira Bima dan perdana melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Rokan Hilir.

Dalam kesempatan yang sama, Danrem 031 Wira Bima Brigjend TNI Parlindungan Hutagalung mengaku bangga dan berbahagia sekali karena telah mendapatkan kehormatan dari Lembaga Adat Melayu Riau Kabupaten Rokan Hilir yang telah memberikan gelar kehormatan sebagai Datuk Lelo Mudo. 

Dengan penganugerahan yang terhormat ini, atas nama pribadi, keluarga dan kesatuan, Danrem 031 Wira Bima Brigjen Parlindungan Hutagalung menyampaikan ucapan terima kasih kepada LAM Riau Rokan Hilir atas pemberian dan penabalan gelar kehormatan adat kepadanya selaku Danrem 031 Wira Bima.

Pemberian gelar ini, tambah Brigjen Hutagalung merupakan suatu kebanggaan dan kebahagiaan bagi dirinya. Sebab, proses pemberian gelar tentu memerlukan pertimbangan yang matang dan tidak sembarangan orang mendapatkannya.

"Semoga gelar yang diberikan LAM Rokan Hilir ini dapat saya emban dengan baik sehingga memberikan kontribusi positif baik kepada adat, pemerintah dan masyarakat secara universal," pungkasnya. (rls/man)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan