Daerah

Pembuatan Kerupuk Puli Dengan Mbah Samijah di Desa Sukamaju

MONITORRIAU.COM – Kukerta Balek Kampung Universitas Riau bekerja sama dengan warga Desa Sukamaju untuk kegiatan pembuatan kerupuk puli.

Kegiatan pembuatan kerupuk puli sebagai salah satu UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Desa Sukamaju, kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 12 Agustus 2022.

Tujuan dari pembuatan kerupuk puli ini, yaitu untuk meningkatkan UMKM warga Desa Sukamaju, dan juga sebagai sumber penghasilan tambahan di Desa Sukamaju. Kerupuk puli yang dibuat Mbah Samijah ini berbahan dasar dari beras, yang dimana beras sangat mudah untuk didapatkan.

Kegiatan pembuatan kerupuk puli ini dilaksanakan dikediaman Mbah Samijah, selain Mbah Samijah kegiatan pembuatan kerupuk puli ini juga dihadiri oleh beberapa perwakilan Ibu PKK Desa Sukamaju.
Proses pembuatan kerupuk puli hampir sama dengan proses pembuatan kerupuk gendar, namun berbeda karena pembuatan kerupuk puli harus ditumbuk dengan alu atau alat penumbuk.

Kemudian proses pembuatan kerupuk puli ini dilakukan di keesokan harinya, karena harus didiamkan semalaman sebelum dipotong tipis-tipis dan dijemur dibawah sinar matahari. 

“Untuk pemasaran kerupuk puli ini dilakukan oleh anak saya melalui media sosial yaitu Facebook, kemudian jika ada pesanan baru mbah buatkan kerupuknya," ujar Mbah Samijah.




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan