Riau

Ritual Bakar Tongkang di Palika, Kapolres Bersama Dandim 0321 Rokan Hilir Bagikan Sembako

Kapolres Rohil AKBP Andri Pramudianto SH.,SIK.MSi, Dandim 0321 Rokan Hilir Letkol Inf Muhammad Erfani SH MH (Han), Panitia acara John Sunaryo (Obak), Tokoh Muda Rohil Maliki, foto bersama.

ROHIL (MR) - Kapolres Rokan Hilir AKBP Andrian Pramudianto, SH.,SIK.MSi bersama Komandan Kodim 0321 Rokan Hilir Letkol Inf Muhammad Erfani SH MH (Han), hadiri ritual perayaan bakar Tongkang di Panipahan, Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika), Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, pada Rabu (21/9/2022).

Kapolres Rokan Hilir AKBP Andrian Pramudianto bersama Dandim 0321 Rokan Hilir Letkol Inf Muhammad Erfani SH MH (Han) dan Ketua panitia perayaan Bakar Tongkang John Sunaryo (Obak), Johni (Acong) dalam kesempatan itu turut membagikan 200 paket sembako kepada masyarakat berupa beras dan mie instan di Halaman Vihara Jetavana JL Darma Kepenghuluan Panipahan.

Kapolres Rokan Hilir AKBP Andri Pramudianto kepada awak media dalam kesempatan itu mengatakan Pemerintah, TNI/Polri hadir ditengah masyarakat bersinergi dalam rangka memberikan rasa aman dan pengamanan kepada masyarakat yang tengah melaksanakan perayaan Bakar Tongkang di Kecamatan Palika.

"Jadi kita dengan Pak Dandim bersama Tokoh Masyarakat berkaloborasi sekaligus menyapa masyarakat yang sedang melaksanakan ritual bakar Tongkang bahwa negara hadir di wilayah pulau terluar. Ini salah satu pulau terluar di Indonesia," terang Kapolres.

Dandim 0321 Rokan Hilir Letkol Inf Muhammad Erfani SH MH (Han) dalam kesempatan itu mengatakan TNI/Polri hadir dalam rangka menggelar kunjungan kerja ke beberapa Pos TNI/Polri di Kecamatan Pasir Limau Kapas sebagai bentuk sinergitas kedua instansi.

"Kebetulan hari ini masyarakat kita sedang melaksanakan kegiatan perayaan ritual bakar Tongkang sehingga kami TNI/Polri hadir sebagai wujud daripada kepedulian terhadap kelestarian budaya yang ada," katanya.

Selain itu, Letkol Erfani juga menambahkan, Pemerintah juga hadir dalam rangka mensejahterakan dan meningkatkan kehidupan masyarakat pasca pandemi Covid-19 beberapa tahun terakhir.

"Jadi intinya kami Pemerintah, TNI/Polri ingin mewujudkan peduli akan percepatan pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19," katanya.

Ketua panitia perayaan ritual bakar Tongkang sekaligus mewakili Tokoh Masyarakat Tionghoa Panipahan Pasir Limau Kapas, John Sunaryo (Obak) dan Johni (Acong) mengatakan pembagian sembako sengaja dilaksanakan dalam rangka merayakan ritual bakar Tongkang sebanyak 200 paket sembako dibagikan kepada masyarakat yang terdiri dari beras payung dan mie instan.

"Kegiatan ini kita laksanakan dalam rangka merayakan ritual bakar Tongkang yang sempat vakum selama pandemi Covid.19 kemarin sekaligus kita rangkai dengan kegiatan sosial berupa pembagian 200 paket sembako kepada masyarakat," katanya.

Heri Purnama (45) warga yang mendapatkan bantuan paket sembako pada perayaan ritual bakar Tongkang tersebut mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Tionghoa yang telah membagikan paket sembako kepada masyarakat.

Melalui kegiatan bakti sosial (baksos) yang dilaksanakan pada hari ini, dia berharap dapat meningkatkan hubungan silaturahmi antara sesama masyarakat Kecamatan Pasir Limau Kapas, sehingga harmonisasi di tengah masyarakat dapat lebih ditingkatkan lagi.

Warga lainnya, Ratnawati warga JL Taqwa juga mengucapkan hal yang sama kepada panitia acara bakar Tongkang yang telah membarikan bantuan sembako kepada masyarakat.

Diharapkan melalui kegiatan ini kekompakan masyarakat di Kecamatan Pasir Limau Kapas dapat lebih ditingkatkan lagi. "Kedepan harapan kami masyarakat Palika tetap bersatu dan semakin kompak demi kemajuan kita bersama," ujarnya.

Perayaan keagamaan ritual bakar Tongkang yang dilaksanakan tersebut mendapat pengamanan dari puluhan unsur personel TNI/Polri. (Wisman)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan