Riau

DPRD Rokan Hilir Gelar Sidang Paripurna Istimewa Hari Ulang Tahun Kabupaten Rokan Hilir Ke- 23

DPRD Rokan Hilir Gelar Sidang Paripurna Istimewa peringati pembentukan Kabupaten Rokan Hilir Ke- 23 Tahun dihadiri Pejabat Tinggi Pemprov Riau.
ROHIL (MR) - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Rokan Hilir yang ke- 23 Tahun 2022, DPRD bersama jajaran Pemkab Rokan Hilir menggelar sidang paripurna istimewa dilaksanakan di Ruang Sidang Paripurna DPRD Rokan Hilir Komplek Perkantoran Batu Enam Bagansiapi, pada Selasa (4/10/2022).
 
Sidang Paripurna HUT Rohil tersebut di pimpin secara langsung oleh Ketua DPRD Rokan Hilir Maston, didampingi para Wakil Ketua DPRD Rokan Hilir diantaranya adalah Wakil Ketua l Abdullah, Wakil Ketua ll Basiran Nur Efendi SE, Wakil Ketua lll Hamzah, S.Hi.,MM dan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabuaten Rokan Hilir H.Sarman Syahroni, ST.
 
Gubernur Riau H Syamsuar diwakili oleh Asisten Pemerintah Provinsi Riau HM Job Kurniawan dan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau yang diwakili oleh Asisten Intel Asintel Kejaksaan Tinggi Riau Budi Kisnanto SH MH. Walikota Dumai H Faisal tampak hadir.
 
Sementara, dari jajaran Pemkab Rokan Hilir dihadiri Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong, Wakil Bupati Rohil H Sulaiman, Kejari Rokan Hilir Yuliarni Appy, Dandim 0321 Rokan Hilir Letkol Inf Muhammad Erfani SH MH (Han), Kapolres Rokan Hilir AKBP Andrian Pramudianto dan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Rokan Hilir, Rio Barten T.H, SH. MH.
 
 
Sementara dari kalangan anggota DPRD Provinsi Riau dihadiri oleh Karmila sari, Ali Rahma Harahap, Abul Khoiri, Suyadi, mantan ketua DPRD Rokan Hilir Nasrudin Hasan, mantan Sekda Rohil H Surya Arfan, dan Anggota Komite Perjuangan Kabupaten Rokan Hilir, para Ketua DPRD Pekanbaru dan DPRD Kota Dumai, Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau dan para undangan yang lainnya.
 
Dalam pidatonya, Ketua DPRD Rokan Hilir Maston mengatakan bahwa setiap tanggal 04 Oktober setiap tahunnya seluruh Masyarakat Kabupaten Rokan Hilir penuh sukacita merayakan hari jadi Kabupaten Rokan Hilir Negeri berjuluk Seribu Kubah.
 
Waktu demi waktu terus bergulir menambahkan hitungan usia untuk semakin dewasa, demikian halnya dengan Kabupaten Rokan Hilir, seiring berjalannnya waktu telah berdiri kokoh diatas pondasi semangat dari para tokoh pendiri dalam upaya membangun Kabupaten Rokan Hilir.
 
Dikatakan, Kabupaten Rokan Hilir adalah sebuah negeri yang terus berbenah dan bergerak maju. Hari jadi Kabupaten Rokan Hilir semestinya bukanlah hanya semata-mata peristiwa mengenang dan berbagi ceritera, bukan pula hanya sekedar bergembira atau seremonial belaka, tetapi lebih dari pada itu.
 
"Peristiwa ini hendaklah kita jadikan momentum strategis untuk melakukan kilas balik terhadap derap pembangunan yang telah dilakukan," katanya.
 
Perjalanan sejarah panjang membentuk Kabupaten Rokan Hilir dimulai dari usulan bernama Daerah Swatantra Tingkat ll Bagansiapiapi yang merupakan sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis yang terdiri dari tiga wilayah Kecamatan, yaitu Kubu, Bangko dan Tanah Putih. Dimulai sejak Tahun 1963, tepatnya pada tanggal 18 Desember tahun 1999.
 
Mulanya dibentuk suatu kepanitiaan yang diketuai oleh Bapak Husin Rambah, Wakil Ketua H Junus Nur dan beberapa Anggota lainnya. Dengan dukungan dari para tokoh dan tokoh masyarakat, para cerdik pandai, alim ulama, dan Partai Politik serta organisasi masa lainnya.
 
"Namun demikian usaha tersebut belum membuahkan hasil sehingga dalam perjalanannya, keinginan untuk membentuk Kabupaten Rokan Hilir semakin kuat dan terus berlanjut. Hingga diawal masa Reformasi pada Tahun 1999 Kabupaten Rokan Hilir resmi terbentuk sampai saat ini," kata Maston mengakhiri pidatonya. (Wisman)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan