Riau

Amankan Pilkada Pekanbaru, Ratusan Linmas Dikukuhkan

Pengukuhan 360 Linmas Pekanbaru yang berfungsi untuk mengamankan Pilwako Pekanbaru

PEKANBARU (MR) - Guna membantu menyukseskan pelaksanaan Pilkada Kota Pekanbaru, yang akan digelar pada 15 Februari 2017 mendatang, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, melantik sekitar 360 orang Perlindungan Masyarakat (Linmas), Selasa (7/2/2017). Pelantikan dilakukan langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Edwar Sanger.

Pasukan berbaju hijau ini nantinya akan difungsikan untuk membantu aparat pemerintah, dan juga keamanan saat pelaksanaan pilkada. 

Selain itu, Linmas juga akan menjadi salah satu unsur yang memiliki tugas untuk mensosialisasikan pilkada kepada masyarakat Kota Pekanbaru.

Hal ini seperti disampaikan Zulfahmi Adrian, selaku Kepala Badan Satpol PP Pekanbaru, usai acara pelantikan dan penyerahan surat keputusan (SK) anggota Linmas di depan kantor Wali Kota Pekanbaru.

"Dari awal kita sudah melakukan perekrutan di tahun 2016 lalu, terkait dengan pengisian Linmas untuk kegiatan pilkada. Kemudian kita proses usulan para camat dan lurah setempat, kemudian kita lakukan Pelantikan hari ini di pimpin langsung oleh PJ Wali Kota Pekanbaru," kata Zulfahmi Adrian.

Disampaikan Zul, selain Linmas, nantinya dalam pengamanan pelaksanaan pilkada, pihak Satpol PP Kota Pekanbaru juga akan diturunkan untuk menjaga konduktivitas, yakni sebanyak 650 orang.

Sedangkan untuk Linmas tersebut, telah dipersiapkan fasilitasnya, mulai dari saragam dan atribut lainnya. Yang mana ini sudah dianggarkan di Satpol PP.

"Kemudian untuk petugas keamanan di TPS (tempat pemungutan suara) akan kita siapkan tanda khusus, kita siapkan ban lengan," tuturnya lagi.

Pembentukan Linmas ini disebut Zul sesuai dengan Permendangri 84 tahun 2014. Yang mana dalam aturannya anggota Linmas ini akan tetap dipakai sampai usia 50 tahun. Mereka yang telah dilantik akan terus bertugas hingga pensiun.

Adapun tugas pokok Linmas ini tidak hanya sebatas pengamanan pilkada saja, memang saat ini tugas yang paling utama membantu penyelenggara pilkada, kemudian nantinya akan diberdayakan juga di lingkungan masyarakat sekitar.

"Bukan hanya untuk pilkada saja, nanti bisa membantu sosial masyarakat, kemudian membantu penanggulangan bencana di wilayah masing-masing," tutupnya.(faktariau)

 




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan