Ekonomi

Harga Cabai Mahal, Mendag: Yang Naik Rawit Merah, 3 Jenis Lainnya Tidak

Ilustrasi

JAKARTA (MR) - Harga cabai rawit merah saat ini terus merangkak naik. Bahkan, harga cabai rawit merah sempat menyentuh angka Rp160 ribu per kg.

Menurut Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, cabai rawit memang saat ini terus merangkak naik. Hanya saja, dari 4 jenis cabai, hanya cabai rawit merah yang mengalami kenaikan cukup tinggi.

Dari 4 (jenis) cabai, 3 cabai bagus. Kan ada 3 cabai yang tidak bergejolak, kan ada cabai merah, cabai rawit merah keriting, cabai rawit hijau," tuturnya di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa (7/2/2017).

Sebelumnya, Enggar mengungkapkan bahwa kenaikan harga cabai sebenarnya sudah diantisipasi dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan perbaikan sistem pengairan. Namun, ada faktor alam yang jauh dari prediksi serta berdampak besar bagi ketersediaan cabai.

“Saya masih belum bisa melawan alam. Karena iklim yang hujan yang seperti ini. Kemudian di jalan busuk mereka, tiba-tiba banjir seperti yang terjadi, apa yang harus dilakukan. Bahkan dengan irigasi yang baik pun sudah dilakukan,” paparnya.

Sebagaimana yang diketahui, cuaca yang tidak menentu menyebabkan banyak cabai yang membusuk, sehingga berimbas pada kelangkaan cabai di pasaran. Kementerian Perdagangan dalam hal ini telah mencanangkan berbagai program untuk menjaga stabilitas harga cabai serta bahan pangan lainnya. Kebijakan tersebut diambil guna kejar target inflasi volatile food di bawah 0,5%.*** (okezone




Loading...

[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan