Riau

Polisi Yakin, Lili Pelaku Tewasnya Balita 18 Bulan

Lili Rachmawati pemilik Yayasan Panti Tunas Bangsa

PEKANBARU (MR) - Kepolisian Resor Kota Pekanbaru meyakinkan bahwa pemilik Panti Asuhan Tunas Bangsa, Lili Nurhayati selaku tersangka diduga kuat menyebabkan kematian bayi 1,5 tahun M Zikli.
"Yang paling utama pengasuhan anak itu ada pada tersangka berdasarkan keterangan saksi-saksi. Artinya jika ada kekerasan menyebabkan kematian, yang bertanggung jawab ya tersangka itu," kata Kapolres Pekanbaru, Kombes Pol Susanto di Pekanbaru, Rabu (8/2/2017).

Hal itu dikatakannya menjawab dugaan kekerasan akibat benda tumpul yang menyebabkan kematian bayi tersebut. Apakah dengan benda tumpul yang dipakai dengan alat atau dengan anggota tubuh.
Menurutnya jika dicari terus siapa yang melakukan pemukulan itu akan sampai kapan karena tersangka bisa saja menyangkal. Akan tetapi sudah diperoleh keterangan saksi bahwa tersangka pernah memukul.

Meski begitu, pihaknya juga sudah menyiapkan formulasi jika saja di pengadilan nanti keterangan saksi akan berbeda. Hal itu bisa saja karena ada saksi memiliki hubungan darah.
"Kita sudah cari formulasi yang menguatkan substansial konstruksi pasal," lanjutnya.

Kapolres mencontohkan kasus perkosaan yang tidak ada saksinya selain korban. Tersangka biasanya menyangkal dan berdalih suka sama suka, namun bisa vonis juga karena ada petunjuk. Terkait kasus ini, Polresta Kota Pekanbaru telah menetapkan pemilik Panti Asuhan Tunas Bangsa, Lili Nurhayati (49) sebagai tersangka. Itu setelah diperiksa sebagai saksi, Senin, 30 Januari 2017 lalu dari pukul 14.00 siang sampai 21.00 WIB malam.

Lalu pukul 23.50 malam ditetapkan tersangka dan Berita acara perkara sampai Selasa dini, 31 Januari 2017 lalu sekiranya pukul 02.30 WIB. Sebanyak 15 saksi sudah diperiksa mulai dari keluarga korban, suami dan anak pemilik panti serta pekerjanya. Selain itu juga ada pemeriksaan terhadap Kepala Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Chairani.

Disamping memiliki panti asuhan, tersangka juga punya panti jompo, lanjut usia, dan orang gila di tiga tempat berbeda. Diketahui ternyata panti-panti itu telah lama habis izinnya dan saat ini para penghuninya dievakuasi ke Dinas Sosial Provinsi Riau dan Rumah Sakit Jiwa Tampan Pekanbaru.(antara)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan