Gencarkan Promosikan Budaya Melayu

Pemerintah Sosialisasikan Penggunaan Tanjak di Hotel dan Restoran

Direktur Lembaga Sertifikasi Pariwisata (LSP) Lancang Kuning Nusantara (LKN) Riau, Riyono Gede Trisoko, didampingi Kepala Dinas Pariwisata Riau Fahmizal Usman

PEKANBARU (MR) -  Riau saat ini sedang gencar mempromosikan berbagai destinasi wisata, salah satunya adalah wisata berbasis budaya. Apalagi Riau merupakan provinsi yang ditargetkan menjadi pusat kebudayaan Melayu di Asia Tenggara.

Guna mendukung terwujudnya Riau sebagai pusat kebudayaan melayu, Direktur Lembaga Sertifikasi Pariwisata (LSP) Lancang Kuning Nusantara (LKN) Riau, Riyono Gede Trisoko MM akan mensosialisasikan penggunaan Tanjak ini di sejumlah pusat pariwisata, hotel dan restoran di Riau.

"Imbauan dari Dinas Pariwisata, seluruh pekerja pariwisata baik itu frontliner khususnya di perhotelan, travel itu pada hari-hari tertentu diharapkan menggunakan Tanjak sebagai identitas Riau," ujar Riyono kepada wartawan baru – baru ini di Hotel Grand Tjokro, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

Tanjak adalah salah satu ciri khas pakaian para lelaki di Melayu. Tanjak atau bisa disebut dengan tengkolok ini biasanya digunakan di bagian kepala. Meski bentuknya beragam dan beraneka macam, namun seluruh lelaki Suku Melayu hampir memakai ini pada masa dahulu.

Dan sekarang, tanjak atau tengkolok ini biasanya digunakan dalam berbagai acara adat seperti kenduri kawin, pentabalan dan lain sebagainya. Jadi, sambung Riyono, Tanjak untuk di Riau ini melambangkan penyambutan "Selamat Datang".

"Makanya beberapa hotel-hotel itu semua kita berikan imbauan agar minimal karyawannya memakai Tanjak. Kalau di daerah lain seperti di Bali itu ada namanya Udheng, di Jawa itu ada Blankon dan itu sudah diberlakukan pemakaianya disana," jelas Riyono.

Imbauan ini juga didukung penuh oleh Dinas Pariwisata Riau. Kepala Dinas Pariwisata Riau Fahmizal Usman juga berharap tidak hanya restoran dan hotel. Tapi juga berlaku bagi penyedia jasa layanan wisata.(goriau)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan