Riau

Pemkab Rohil Bagikan 500 Paket Sembako Kepada Warga Terkena Banjir

Wakil Bupati Rohil H Sulaiman bagikan sembako kepada warga terkena banjir di Bagansiapipi.
ROHIL (MR) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir membagikan sebanyak 500 paket sembako berupa beras ukuran 10 kilogram dan telur ayam serta mie instan kepada warga terdampak banjir di Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko, pada Jumat (18/11/2022).
 
Hal itu dilaksanakan oleh Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong bersaka Wakil Bupati Rohil H Sulaiman dan dinas terkait di kawasan pemukiman penduduk yang terkena banjir seperti di Jalan Siak di Kelurahan Bagan Timur, Bangko.
 
Saat menyambagi warganya, Bupati Afrizal Sintong berpesan agar tetap wasapada dan beberhati-hati selama musim penghujan jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat merugikan, sebab, ketinggian air bisa mencapai hingga setengah meter dari permukaan tanah.
 
Sebanyak 7 (tujuh) alat berat berupa exskavator dikerahkan Pemkab Rokan Hilir melalui dinas terkait untuk melakukan pengerukan aluran sungai guna mencegah terjadi banjir yang lebih parah lagi.
 
Selain alat-alat berat, Pemkab Rokan Hilir juga mengerahkan personel dari Dinas Kesehatan (Diskes) untuk mendirikan posko dan menyiagakan para tim medis serta menyediakan obat-obatan mencegah penyakit pasca banjir.
 
Bupati Afrizal Sintong meminta kepada masyarakat Bagansiapiapi untuk tetap bersabar, sebab kata dia, bencana banjir tidak hanya terjadi di Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko, melainkan juga daerah lainnya seperti di Kecamatan Sinaboi, Kecamatan Pekaitan dan Kecamatan Kubu bahkan di daerah lainnya di Provinsi Riau juga terjadi banjir akibat curah hujan yang tinggi.
 
Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir Suwandi S.Sos mengatakan telah melakukan penggalian parit dan sungai serta drainase di Kecamatan Bangko sejak dua pekan yang lalu.
 
Adapun dua sungai lainya yang menjadi biang penyebab banjir seperti Sungai Garam dan Sungai Pabrik tidak luput dari pengerjaan. 50 petugas lapangan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rokan Hilir ikut dikerahkan.
 
"50 orang petugas dari DLH sudah kita kerahkan turun kanal, parit membongkar sampah-sampah dan sungai untuk melakukan pengerukan dan penyedotan agar air bisa mengalir dengan lancar ke muara sungai," terang Suwandi S.Sos.
 
Suwandi menambahkan, banjir di Bagansiapiapi disebabkan intensitas hujan yang cukup tinggi sehingga menyebabkan debit air semakin meningkat akibatnya menimbulkan genangan air di pemukiman penduduk di Jalan Pahlawan, Jalan Bulan dan Jalan Sekip.
 
DLH bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) terlibat melakukan penggalian beberapa lokasi di Bagansiapiapi seperti di Parit Kerang, Te Chong juga Jalan SMA Negeri 2.
 
Juga dilaporkan, adapun beberapa titik lainnya yang ikut terendam banjir bahkan kedalaman air sampai mencapai lutut orang dewasa seperti di Jalan Siak, Jalan Bahagia, Jalan Selamat, Jalan Pulau Baru, Jalan Danau Biru dan Jalan SGB.
 
Suwandi, berujar, jika tidak turun hujan selama satu pekan kedepan diperkirakan air akan segera surut. Hal itu diketahui dari pergerakan air di Sungai Pabrik yang merupakan sentral pembuangan air di Kecamatan Bangko mengarah ke hilir sungai menuju laut saat ini cukup lancar.
 
Selain menyalurkan 500 paket sembako kepada warga Bagansiapiapi di Kecamatan Bangko yang terdampak banjir, Pemkab Rohil melalui Baznas juga akan menyalurkan bantuan serupa kepada warga di beberapa kecamatan lainnya seperti Kecamatan Sinaboi, Kecamatan Pekaitan dan Kecamatan Kubu.
 
Pemkab Rokan Hilir juga saat ini masih menunggu laporan dari kecamatan lainnya yang mengalami banjir. "Jika ada butuh bantuan kita siap untuk membantu," kata Wakil Ketua Baznas Rokan Hilir Bidang Pendistribusian Zakat, Junaidi, seraya mengatakan bantuan yang tidak seberapa dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir. (rls/man)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan