Riau

Nikmatinya Berwisata ke Air Terjun Tembulun Rusa

TEMBILAHAN (MR) - Masuk pada suasana libur semester dan akhir pekan memang mengasyikan apabila dihabiskan dengan berlibur ke wisata alam.

Tempat yang tidak terlalu jauh dan mudah dijangkau menjadi alternatif  dalam melepas penat sejenak.

Salah satu wisata alam yang rekomended untuk dikunjungi adalah Air Terjun Tembulun Rusa. 

Air Terjun Tembulun Rusa merupakan salah satu objek wisata andalan di daerah Riau Daratan yang ramai dikunjungi pada hari Minggu dan hari-hari libur lainnya. 

Objek wisata Air Terjun Tembulun Rusa terletak di Desa Ampar, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, Indonesia.

Berjarak lebih kurang 15 kilometer dari pusat kota Dabo Singkep. 
Untuk menuju ke lokasi air terjun ini dari Desa Batu Ampar menelusuri jalan Lintas Timur menggunakan kendaraan roda empat, dilanjutkan dengan menelusuri jalan setapak, menempuh hutan berbukit-bukit sejauh lebih kurang 2 km. 

Sesampai di lokasi pengunjung dalam melihat indahnya Air Terjun Tembulun Rusa yang ketinggiannya mencapai 18 meter dengan kemiringan sekitar 30 derajat. Sementara pada bagian bawahnya terdapat sebuah kolam untuk menampung curahan air terjun dengan kedalaman mencapai 1,5 meter sehingga memungkinkan pengunjung untuk berenang atau bahkan menyelam sembari menikmati sensasi terpaan air dari ketinggian. 

Selain itu, terdapat juga bebatuan berbentuk menyerupai tangga yang akan memudahkan pengunjung mendekati bagian atas air terjun untuk selanjutnya melompat ke dalam kolam yang airnya berasal dari Sungai Ngibul dan bermuara di Sungai Reteh ini.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, dan Kebudayaan (Disparporabud) akan selalu melalukan pengembangan terhadap wisata yang ada di Inhil.

Di Inhil, setidaknya ada dua lokasi air terjun yang sudah mulai ramai diketahui dan dikunjungi oleh masyarakat luas, sehingga diharapkan dapat terus dimaksimalkan potensinya guna menarik para wisatawan, yang tidak hanya berasal dari daerah setempat, tetapi juga dari luar daerah.

Air Terjun Tembulun Rusa ini berdekatan dengan wisata Air Terjun 86, Wisata Tersembunyi Negeri Seribu Jembatan. 

Debit Air Terjun dari Tembulun mengalir cukup deras, Sehingga menantang para pecinta alam untuk melakukan olahraga Arum jeram.

Tak hanya Keseruan Tembulun Rusa saja yang bisa dinikmati, di daerah sekitaran objek wisata Tembulun Rusa yang terletak di Kecamatan Kemuning ini masih terdapat beberapa obyek wisata lain, yaitu: Goa Batu Leman, Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Arung jeram di Sungai Ngibul, Wisata Bukit Berbunga yang cocok untuk kegiatan petualangan (adventure) dan crosscountry, Air Terjun Selensen Salak, Air Terjun Batu Ampar, dan Air Terjun 86 karena terletak di jalur Lintas Timur Sumatera kilometer 8. (Advertorial)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan