Riau

Bukit Condong Cocok Sebagai Tujuan Refreshing

TEMBILAHAN (MR) - Bukit condong dikelilingi oleh pohon yang berusia ratusan tahun, selain menyimpan keanekaragaman hayati hutan hujan tropis dataran rendah, daerah ini merupakan habitat asli satwa liar dilindungi seperti tapir, siamang (ungko), burung kuau, simpai dan berbagai satwa lain.

Bukit Condong merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) yang terletak di Kelurahan Selensen, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau. 

Kawasan ini berbatasan antara Provinsi Riau dan Jambi. Area Bukit Condong berada dikawasan penyangga  inti TNBT yang memiliki keanekaragaman hayati puluhan bukit dan pematang disekitarnya, Bukit Condong merupakan puncak tertinggi berada di ketinggian 450 MDPL (meter diatas permukaan laut).

Bercerita tentang keindahan dan pesona Bukit Condong yang berada di kelurahan Selensen, kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) tentu tidak ada ujungnya.

Pesona ini dimiliki bukit condong yang terdapat sembilan tingkatan (bukit) disetiap bukit memiliki pesonanya masing-masing dan terdapat area Camping Ground, Camping ground Bukit Condong sendiri bukan merupakan puncak tertinggi dari kawasan bukit condong serta wisata alam ini sangat jarang ada di daerah lain.

Pasalnya, setiap pengunjung mempunyai cerita dan kekagumannya masing-masing saat melihat dan mendaki sampai ke puncak.

Bukit Condong yang memiliki Ratusan hektar hutan alam yang tumbuh di gugusan Buki, terbakar pada tahun 2018-2019 sehingga menyebabkan terjadi penggundulan hingga ke puncak bukit. Akibat kebakaran tersebut menyebabkan kawasan perbukitan menjadi hamparan semak-semak yang membuat lepas mata memandang ke berbagai arah.

"Maka dari itu untuk menambah minat para wisatawan Dinas Pariwisata, Pemuda, Olahraga, dan Kebudayaan (Disparporabud) Kabupaten Inhil, terus melakukan perkembangan tentunya tidak akan merubah bentuk aslinya namun, memoles agar lebih indah," ujarnya. Kepala Disparporabud Inhil Junaidi Ismail.

Tempat ini sangat cocok untuk area camping ground, Wisatawan akan dimanjakan keindahan pesona matahari terbit (sunrise) dengan ditemani selimut kabut seakan sedang berada Negeri diatas awan. Tak hanya sunrise, keindahan rona matahari terbenam (sunset) juga menawan.

Selain itu, Area ini juga terdapat  jalur olahraga trabas yang menantang, dengan 2 pilihan yakni jalur medium dan ekstream. 

Bukit condong sangat mudah di akses dari berbagai daerah sekitar. Dari Pekanbaru menuju Bukit Condong kurang lebih 9 jam perjalanan, dari Tembilahan 3 jam perjalanan dan dari Jambi kurang lebih 4 jam. (Advertorial)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan