Riau

Yuk, Mengenal Lebih Jauh Tradisi dari Lomba Sampan Selodang

TEMBILAHAN (MR) - Lomba Sampan Selodang adalah ajang pesta rakyat yang selalu ditunggu masyarakat Kecamatan Gaung khususnya Kabupaten Indragiri Hilir ini.

Dengan berukuran panjang mulai dari  4 meter ini mampu menampung 6-7 pelomba. Helat Lomba Sampan Selodang ini digelar di Sungai Gaung, Kelurahan Kuala Lahang, Kecamatan Gaung.

Tradisi Pacu Sampan Selodang kini telah menjadi ajang perlombaan yang besar di tingkat Kecamatan Gaung dengan tujuan agar khasanah budaya yang ada sejak turun-temurun dahulu tidak hilang seiring kemajuan perkembangan zaman. 

Dari perlombaan sampan selodang ini pun terdapat nilai tradisi yaitu tradisi kepercayaan, tradisi kebersamaan dan tradisi turun temurun.

Sampan selodang ini sudah ada sejak zaman nenek moyang terdahulu, atas dasar keyakinan tertentu yang ada kaitannya dengan keberhasilan kebun kelapa mereka sesuai dengan namanya Sampan Selodang yang bentuknya mirip Selodang kelapa. 

Sosok Effendi M Alie (Alm) senantiasa akan tetap dikenang oleh masyarakat Kecamatan Gaung, Kabupaten Inhil. Dialah sosok yang memberikan nama sebuah sampan dengan sebutan Sampan Selodang. 

Lomba Sampan Selodang ini berkembang mengikuti perkembangan zaman. Kala digelar, lomba selalu menyedot puluhan ribu pengunjung untuk datang ke Gaung guna menyaksikan lomba dari dekat.

Bupati Inhil HM Wardan mengatakan bahwa perlombaan ini mulanya diselenggarakan sebagai cerminan dari kearifan lokal yang mengangkat nilai-nilai budaya di Kabupaten Inhil. 

"Masyarakat Inhil menggantungkan kehidupan dengan potensi alam, salah satunya pengunaan sampan sebagai sarana transportasi sehari - hari, sedangkan nama selodang diambil dari bagian pohon kelapa yang bentuknya mirip miniatur sampan," lanjut wardan. 

Lomba Sampan Selodang  juga dijadikan even besar tahunan Kabupaten Indragiri Hilir yang diselengarakan oleh Dinas Pariwisata Kepemudaan Olahraga dan Kebudayaan Kabupaten Indagiri Hilir berkerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Gaung dan gelaran tahun ini diberi nama   Festival Sampan Selodang. (Advertorial)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan