Riau

Keindahan Pantai Solop dengan Pasir Putih dan Hutan Bakaunya yang Menakjubkan

TEMBILAHAN (MR) - Pantai Solop merupakan salah satu objek wisata alam yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Objek wisata ini memiliki daya tarik alam seperti pantai pasir putih dan hutan bakau yang sangat luas. 

Pantai Solop ini berada di Desa Pulau Cawan Kecamatan Mandah,Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. 

Keberadaan pantai ini unik mengingat sebagian besar daerah di Inhil didominasi rawa dan gambut. Pantai yang terdapat di Inhil juga didominasi oleh pantai lumpur yang tidak bisa pijak. Namun tidak demikian di Pantai Solop.

Pantai yang menjadi salah satu andalan destinasi wisata di Bumi Sri Gemilang ini memiliki pantai putih berkilau dengan kepanjangan sekitar 2 kilometer jika air surut dari bibir pantai luasan pantai ini bisa mencapai 500 meter.

Objek wisata ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga karena selain keindahannya yang menakjubkan, tempat ini juga bisa dijadikan sebuah edukasi untuk anak mengenai alam yang ada disekitar.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke destinasi tersebut diimbau untuk memelihara, menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan agar tidak merusak ekosistem biota laut yang ada.

Untuk perjalanan menuju Pantai Solop sekitar 75 menit menggunakan speedboat dari Tembilahan, ibukota Kabupaten Indragiri Hilir.

Objek wisata ini masih dalam tahap pengembangan yang dikelola oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, dan Kebudayaan (Disparporabud) Kabupaten Indragiri Hilir. 

Selain hamparan pasir putih, Pantai Solop juga dikelilingi oleh hutan bakau. Sepanjang mata memandang, hamparan hutan bakau seperti tidak pernah ada ujungnya. Ternyata, Hutan bakau yang terdapat di kawasan ini merupakan hutan bakau terindah di Indonesia. 

Pantai Solop juga dikelilingi oleh pulau-pulau kecil di seberangnya, salah satunya adalah Pulau Sangkar Ayam yang terkenal dengan cerita rakyatnya, yaitu kisah Intan Suri dan Bujang Kelana, serta kekejaman Pendekar Katung. (Advertorial)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan