Riau

Puluhan Jenis Biota Laut Ada di Perairan Pantai Terumbu Mabloe

TEMBILAHAN (MR) - Siapa sangka, perairan di kawasan Pantai Terumbu Mabloe di Desa Sungai Bela, Kecamatan Kuala Indragiri (Kuindra), Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) kaya akan biota atau hewan laut. Pastinya bisa didapat oleh para wistawan.

Sebab disana, termasuk penghasil laut terbesar di Negeri ‘Hamparan Kelapa Dunia’. Perlu diketahui, Biota Laut yang dimaksud merupakan semua makhluk hidup yang ada di laut baik hewan maupun tumbuhan atau karang.

Secara umum, biota laut dibagi menjadi tiga kelompok besar yaitu plankton, nekton dan Bentos pembagain ini tidak ada kaitannya dengan klasifikasi ilmiah, ukuran, hewan atau tumbuhan tetapi berdasarkan pada kebiasaan hidup secara umu, seperti gerak berjalan, pola hidup dan sebaran menurut ekologi.

20 jenis Biota tadi termasuk Kepiting, udang, kerang dan siput yang berhasil ditangkap nelayan tempatan disana. Mereka para nelayan, hasil laut sudah dikirim kemana-mana, ke Tungkal, Provinsi Jambi salah satu contohnya.

Tak kalah menarik, hasil tangkapan nelayan sebagian dikirim ke negara tetangga seperti Singapura. Selain itu, ekosistem lingkungan laut di Desa Sungai Bela masih tetap terjaga.

Disamping itu, proses penangkapan Nelayan yang biasa dikenal Suku Duanu ini menggunakan jaring dengan dibantu kapal perahu berukuran sedang. Mereka pergi melaut mulai pukul 06.00 Pagi dan pulang 17.00 Sore.

Kepala Desa Sungai Bela melalui Kasi Pelayanan, Rima Melati mengatakan nelayan disini pergi melaut melihat kondisi air laut sedang surut. Kata Rima, kondisi air surut biasanya biota laut sangat mudah ditangkap nelayan.

"Selama ini lingkungan tetap kami jaga. Nelayan secara bertahap kami kasih pengertian agar tidak menangkap ikan menggunakan Beam Trawls, Otter Trawls, Pair Trawls, Nephrops Trawls dan Shrimp Trawls," kata Risma, belum lama ini.

Sementara itu, seorang nelayan Rusli (60 Tahun) menceritakan, dalam sehari paling banyak menangkap ikan 50 Kilogram. Paling sedikit 20 sampai 30 Kilo. Sebut dia lagi, untuk jenis ikan bermacam-macam ada ikan seluang, ikan sembilang dan ikan asin.

"Hasil tangkapan kami disini, kami jual ke tokeh. Sudah ada yang menampung hasil nelayan, ya kalau tidak ada uang atau ongkos kami bisa pinjam dulu ke bos (tokeh)," sebut Rusli.

Berikut biota jenis ikan dari Desa Sungai Bela, Kecamatan Kuala Indragiri. (Dok. Pemdes Sungai Bela) yakni Ikan Senangin, Ikan Gerot, Ikan Bawal, Ikan Sembilang, Ikan Perang, Ikan Lome, Ikan Beliak mata, Ikan Gonseng atau dikenal juga dengan sebutan Ikan Bulu Ayam, Ikan Belanak, Ikan Tamban, Ikan Pari, Ikan Malong, Ikan Putih, Ikan Seluang, Ikan Selar, Ikan Gulama, Ikan Kitang, Ikan Duri, Ikan Belukang, dan Ikan Parang.

Sedangkan biota sejenis siput adalah Udang Tenggek, Udang Gogo, Udang Ketak atau dikenal juga dengan sebutan Udang Nenek, Kepiting Bakau, Kepiting Pasir, Kepiting Renjong, Siput Isap, Siput bintang, Kerang Lokan, dan Kerang Senteng. (Advertorial)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan