Riau

Teater Bangsawan Klasik di Inhil jadi Ajang Panggung Tahunan

Foto: dokumen

TEMBILAHAN (MR) - Juni lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) menggelar Malam Anugerah Festival Teater Bangsawan Klasik tahun 2022 di Gedung Puri Cendana, Jalan Lingkar, Tembilahan, tepat pada hari Jumat (10/6/2022) malam.

Waktu itu, Kegiatan bertema Menjulang Marwah Mendulang Tuah itu dihadiri langsung oleh Bupati Inhil HM Wardan, Forkopimda, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, dan Kebudayaan (Disparporabud) Kabupaten Inhil Junaidy Ismail.

Selain itu, kegiatan tersebut tampak juga dihadiri dari Dekranasda Riau dan Dekranasda Inhil serta para dewan juri Festival Teater Bangsawan Klasik 2022, salah satunya Wakil Rektor III Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang Firdaus, S.ST, M.Pd.

Saat itu juga, Bupati Inhil HM Wardan melakukan launching Festival Teater Bangsawan Klasik se-Pulau Percha Tahun 2023 yang ditaja melalui Disparporabud Kabupaten Inhil.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan festival tersebut. Menurutnya, kegiatan seperti demikian merupakan aset daerah yang seharusnya dipatenkan untuk Kabupaten Inhil.

"Karena itu, saya mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bersinergi dalam menjaga warisan seni budaya yang kita miliki. Sebab warisan ini menjadi kekayaan yang semestinya diimbangi dengan tanggungjawab dalam pelestariannya. Salah satunya seperti kegiatan festival saat ini," kata Wardan.

Tetapi, lanjutnya, yang lebih penting adalah memperkenalkan kepada generasi muda, terutama kalangan pelajar yang substansinya dapat disesuaikan dengan tradisi daerah masing-masing.

Dia menilai, upaya tersebut perlu dilakukan untuk membangkitkan semangat pelestarian warisan seni budaya. Tujuannya agar para seniman, budayawan dan masyarakat bersama-sama berkreasi, belajar, mengenal, dan memaknai kembali identitas bangsa kita di Indonesia.

"Saya berharap kegiatan ini dapat menjadi wadah berkreasi bagi seniman muda Kabupaten Inhil dalam bidang seni Teater Klasik Bangsawan," harapnya.

Sementara itu, Kepala Disparporabud Kabupaten Inhil, Junaidy Ismail dalam laporannya menyampaikan, festival teater bangsawan klasik ini diikuti sebanyak 10 sanggar. Kemudian diantaranya, ada 13 pemenang dari berbagai kategori.

Kemudian pada tahun 2023 mendatang, akan dilaksanakan Festival Teater Bangsawan Klasik se-Pulau Percha.

"Terimakasih atas dukungan pak Bupati dan semua pihak, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar," tuturnya. (Advertorial)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan