5 program Bupati Pelalawan

Resmikan Puskesmas untuk Tingkatkan Standar Kesehatan Bagi Warga Kurang Mampu

Bupati Pelalawan Resmikan Puskesmas untuk Tingkatkan Standar Kesehatan Bagi Warga Kurang Mampu

MONITORRIAU.COM - Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Pelalawan adalah bagian dari proses dan tujuan pembangunan daerah. Salah satunya adalah melakukan pembangunan fasilitas Kesehatan bagi warga masyarakat. 

Bupati H Zukri yang baru memimpin satu tahun ini, sangat menyadari betapa pentingnya pembangunan fasilitas dalam pembangunan daerah.

Di bawah duet kepemimpinan H Zukri dan H Nasaruddin sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan, pembangunan di SDM terus dikebut mengingat lima program perioritas, kedua pimpinan Kabupaten berjuluk Negeri Seiya Sekata ini, bersama menuju "Pelalawan Maju".

Salah satu program yang siap direalisasikan adalah mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan iman (Maju SDM) dan ini merupakan salah satu bagian dalam mewujudkan Visi Sehat yang terdapat dalam 5 program tersebut.

"Pembangunan daerah bila tidak didukung oleh SDM yang mumpuni maka tidak akan terwujud secara maksimal. Kita (Pelalawan) memiliki potensi sumber daya alam yang tinggi. Untuk menggali dan memanfaatkan serta mengembangkan butuh SDM yang berkualitas dan profesional," ujar H Zukri.

Disaat acara peresmian pemakaian puskesmas rawat inap Kecamatan Teluk Meranti, Bupati Pelalawan H. Zukri mengucapkan rasa syukurnya atas keberadaan dan diresmikannya Puskesmas tersebut 

“Saya bersyukur kepada Allah, SWT atas terwujudnya keberadaan Puskesmas ini mengingat fasilitas ini sangat didambakan seluruh warga masyarakat, terutama warga Kecamatan Teluk Meranti," ungkapnya.

Ditambahkannya lagi, dengan dibangun puskesmas rawat inap ini tidak ada lagi warga masyarakat yang tidak mendapatkan fasilitas kesehatan yang tidak memadai.

"Kita berharap dengan adanya puskesmas ini, maka pelayanan kesehatan untuk masyarakat akan semakin dekat. Terimakasih kepada semua pihak dan masyarakat Teluk Meranti yang telah membantu dalam pembangunan puskesmas ini,” jelasnya lagi.

Untuk Ia berpesan kepada seluruh tenaga kesehatan yang hadir untuk dapat melayani masyarakat dengan hati yang tulus dan lakukan pelayanan dengan baik sehingga tingkat kesehatan masyarakat dapat meningkat dan maksimal.

“Siapapun yang datang berobat di puskesmas ini layani mereka dengan baik. Saya berharap tidak ada lagi masyarakat tidak bisa berobat. Bantulah mereka ini, berilah pelayanan yang maksimal sehingga bangunan ini dapat nermanfaat,”tegas Zukri. 

Dalam kesempatan itu H Zukri yang juga merupakan ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Riau, melakukan peresmian gedung baru Puskesmas Rawat Inap Kecamatan Pelalawan, beberapa waktu yang lalu.

Bupati H Zukri dalam sambutannya sangat mengharapkan Gedung Puskesmas baru ini dapat lebih meningkatkan pelayanan kesehatan, khususnya di Kecamatan Pelalawan.

"Ini semua merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan dalam merealisasikan visi sehat yang terdapat dalam 5 program yang kita canangkan," terangnya.

Masih kata Ia lagi dengan bagusnya fasilitas puskesmas, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga visi masyarakat sehat benar-benar dapat terwujud.

Ditambahkannya bahwa fasilitas Puskesmas di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Pelalawan telah dibangun sesuai standar kesehatan, bahkan Puskesmas Pelalawan yang diresmikan saat ini merupakan puskesmas dengan bangunan termegah.

"Ini adalah bentuk perhatian pemerintah, yang ingin memastikan bahwa pelayanan kesehatan kepada masyarakat harus semakin baik dari hari ke hari mengingat kesejahteraan warga sangat dibutuhkan dalam menyongsong Indonesia makmur," terangnya.

Puskesmas dikecamatan Pelalawan sendiri dibangun dengan menelam anggaran sebesar Rp Rp5,6 miliar bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021.

Kehadirannya diharapkan, dapat menjadi pusat pelayanan kesehatan masyarakat di Kecamatan Pelalawan, mengingat jarak tempuh ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Selasis, Pangkalan Kerinci, cukup jauh.

"Satu pesan saya, layani masyarakat dengan maksimal, layani masyarakat tanpa membeda bedakan statusnya, layani masyarakat Dengan hati ikhlas terutama warga masyarakat ekonomi lemah dan prioritaskan pelayanan bagi orang yang tidak mampu," pesannya.

Sementara itu Kepala Dimas Keseharan (Diskes) Kabupaten Pelalawan, Asril M.Kes dalam kesempatan itu turut menyampaikan bahwa proses pembangunan puskesmas rawat ini dimulai pada 30 Juni 2021, dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Pelalawan, H Zukri.

"Puskesmas rawat inap ini, merupakan salah satu puskesmas termegah yang dimiliki pemerintah Kabupaten Pelalawan yang saat ini dipimpin Bupati Pelalawan H Zukri," terangnya.

Kata Asril lagi, peresmian puskesmas rawat ini dilakukan bersempena dengan HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI).

"Jadi peresmian Puskesmas ini sekaligus dengan HUT IBI yang juga menggelar kegiatan sunatan massal bagi warga yang kurang mampu apalagi saat ini telah memasuki masa libur sekolah," terangnya 

Djelaskannya lagi, Bupati meminta agar pelayanan ini diperioritaskan bagi warga yang secara ekonomi kurang mampu, sehingga warga desa dapat menikmati pembanguan kesehatan yang memang menjadi salah satu program pemerintah.

"Kita minta pelayanan ini dapat tertuju kepada masyarakat tidak mampu terutama lansia yang datang dari desa terdekat," harapnya lagi.

Selain dari peresmian pembanguan puskesmas rawat inap dan HUT IBI pemerintah juga meluncurkan inovasi Anjela Anjeli. Inovasi Anjela artinya, antar jemput lansia dan Anjeli antar jemput ibu bersalin.

"Inilah harapan kita dalam memacu pembangunan ekonomi masyarakat, dimana tingkat kesehatan warganya cukup tinggi sehingga dapat tercipta SDM yang handal," tutup Asril. (Adv/ton)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan