Riau

Pemkab Rohil Programkan Internet Murah dan Cepat, Diskominfotiks Pasang 600 Titik

Kadiskominfotiks Rohil Indra Gunawan, SE.MH sosialisasikan pemasangan internet murah.

ROHIL (MR) - Dalam merealisasikan program Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong SIP untuk memberikan layanan internet murah dan cepat kepada masyarakat di seluruh wilayah pedesaan, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiks) Rokan Hilir Indra Gunawan SE MH laksanakan sosialisasi kepada masyarakat di beberapa Kepenghuluan/Desa. 

Indra Gunawan mengatakan pihaknya secara langsung turun ke beberapa Kepenghuluan dan Kecamatan, diantaranya Kecamatan Rimba Melintang, Batu Hampar,  Bangko Pusako serta Tanah Putih Tanjung Melawan, dihadiri Penghulu, BUMDes dan masyarakat.

Sosialisasi juga dilaksanakan di kantor Kepenghuluan Bagan Sapta Permai dihadiri perwakilan BUMDes dan Datuk Penghulu dari Kecamatan Balai jaya, Bagansinembah, Bagansinembah Raya, Simpang Kanan dan Kecamatan Pujud.

"Pihak kepenghuluan terutama BUMDes dan masyarakat sangat antusias menyambut upaya yang dilakukan Dinas Kominfotiks bersama provider internet," kata Kadiskominfotik Rohil Indra Gunawan SE MH, kepada awak media, Rabu (25/1/2023).

Indra Gunawan menjelaskan sosialisasi yang dilakukan Bupati Rohil melalui Diskominfotiks memiliki program digitalisasi desa dengan menggandeng salah satu provider plat merah.

"Untuk tahap pertama kita bersama pihak provider akan memasang 600 titik di Kecamatan Bangko Pusako. Sebagai bentuk dukungan langsung dan apresiasi pemerintah daerah akan diresmikan oleh bapak bupati nantinya dan ditargetkan paling lama bulan maret sudah mulai pemasangan," ujarnya. 

Produk dengan label BOOM DES NET yang dikelola oleh Bumdes se Rokan Hilir  bekerjasama dengan Icomnet Plus Indonesia yang merupakan anak perusahan dari PLN akan menggunakan kabel fiber optik dan infrastruktur tiang PLN dengan keunggulan yang tidak akan terpengaruh oleh kondisi cuaca.

"Kita mendukung penuh upaya internet murah masuk desa ini semata-mata demi peningkatan layanan akses informasi dan komunikasi bagi masyarakat pedesaan," imbuh dia.

Menurut Indra Gunawan, masyarakat Rokan Hilir kini sudah pintar untuk memilih sesuatu. Tidak hanya dari sisi harga namun juga dari kualitas layanan.

Disinggung soal banyaknya bisnis wifi sejenis yang menggunakan frekwensi radio dan tower pemancar di Kabupaten Rokan Hilir, Indra pun lantas mempersilahkan bersaing secara sehat. Indra pun menegaskan dalam berbisnis ada aturan Pemerintah yang harus dipatuhi dan bukan hanya mencari keuntungan semata.

Guna memastikan kesuksesan program internet murah dan cepat itu, Kadiskominfotik memastikan akan mengawal layanan iconnet tersebut agar masyarakat dapat benar-benar merasakan manfaatnya serta mempercepat penghapusan wilayah blankspot dan menjadikan desa di Rohil full digital pada akhir tahun 2024.

Indra Gunawan mengimbau bagi masyarakat yang berminat untuk mendapapatkan internet murah dan cepat agar segera mendaftarkan diri ke BUMDes diwilayah masing-masing.

"Tidak dipungut biaya peralatan dan pemasangan gratis, hanya membayar pemakaian awal bulan pertama sebesar Rp 150 (prabayar seperti token listrik) juga tidak ada pembatasan kuota alias unlimited," pungkasnya. (man/rls)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan