Riau

Korem 031 WB Membuka Pendaftaran Untuk Pasukan Komcad

MONITORRIAU.COM - Korem 031 Wira Bima yang merupakan satuan di bawah Kodam I Bukit Barisan, membuka pendaftaran rekrutmen Komponen Cadangan (Komcad).

Komandan Korem (Danrem) 031/WB Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung saat dikonfirmasi, membenarkan perihal adanya pembukaan rekrutmen Komcad tersebut.

Diungkapkan Jenderal TNI AD berpangkat bintang satu itu, Komcad merupakan salah satu instrumen pertahanan negara.

Dimana dalam rangka menyusun pertahanan negara, sesuai dengan Pasal 30 ayat 1 UUD 1945 berbunyi tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam udaha pertahanan dan keamanan negara.

Atas dasar itu, Kementerian Pertahanan melalui Direktorat Pertahanan Negara membentuk Komponen Cadangan atau yang dikenal dengan istilah Komcad, berdasarkan UU No.23/2019 tentang PSDN dan Hanneg dan aturan turunannya.

"Komcad direkrut dari ASN, akademisi, ormas, masyarakat dengan di bekali pengetahuan tentang kemiliteran dengan menggunakan peralatan dan taktik pertempuran dalam upaya mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia," sebut Danrem, Selasa (24/1/2023).

Brigjen Parlindungan menerangkan, pendaftaran dapat dilakukan secara dalam online melalui website resmi di alamat https://Komcad.kemhan.go.id.

Pendaftar tentunya harus memperhatikan persyaratan yang telah ditentukan. Seperti Warga Negara Indonesia (KK dan KTP), berbadan sehat, umur 18-35 tahun, berkelakuan baik.

Kemudian, calon peserta juga harus memiliki ijazah pendidikan, surat ijin dari orang tua, istri, instansi, universitas serta bersedia mengikuti latihan dasar kemiliteran (Latsarmil).

Jika persyaratan awal tersebut telah terpenuhi lanjut Brigjen Parlindungan, calon peserta akan mengikuti seleksi kompetensi yang meliputi uji kesehatan, uji kemampuan dan uji sikap.

"Jika lulus dari seleksi kompetensi, peserta akan mengikuti pelatihan dasar kemiliteran di Rindam I/BB Pematang Siantar dan Pusdilatpassus Batujajar," papar Danrem.

 

Sumber: Tribunpekanbaru.com




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan