Riau

Pemkab Rohil Sosialisasi Kerjasama Media Massa Melalui Aplikasi Simatrik

Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP membuka secara resmi sosialisasi penggunaan aplikasi berbasis Web Simatrik. Foto: Wisman

ROHIL (MR) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir melalui Dinas Komunikasi Informatika  Persandian dan Statistik (Diskominfotiks) menggelar sosialisasi penggunaan aplikasi berbasis Web Sistem Informasi Kerjasama Media Secara Elektronik (Simatrik) yang dibuka secara langsung oleh Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong SIP disalah satu hotel di Bagansiapiapi, diikuti seratusan wartawan dari berbaga media cetak, elektronik maupun media online, Senin (6/2/2023).

Turut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Rokan Hilir H Fauzi Efrizal, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Kadiskominfotiks) Rokan Hilir Indra Gunawan,SE.MH, para Kepala OPD dan para Ketua Organisasi Pers lainnya.

Indra Gunawan, SE.MH dalam laporannya mengatakan media massa memiliki peran secara dinamis dalam proses demokrasi, terutama menjembatani pendapat publik melalui jejaring sosial yang tersebar secara masif dan sebagai menyambung antara Pemerintah dan Masyarakat sehingga kerjasama antara Media Massa dengan Pemerintah merupakan hal yang sangat diperlukan.

"Dari segi perkembangannya, media massa saat ini sangatlah besar dan sangat pesat. Sehingga tidak dapat di pungkiri bahwa semakin banyaknya media- media yang bermunculan maka daya saing juga semakin meningkat. Sehingga, berdampak pada ketatnya penyaringan terhadap media yang akan bekerjasama, " katanya. 

Sebab itu, Pemkab Rokan Hilir melalui Diskominfotiks mencoba untuk menjawab persoalan tensebut melalui Apllkasi Barbasis Web Sistem Informasi Keriasama Media Secara Elektronik (Simatrik) Versi 2.0 yang merupakan perkembargan dari versi pertama.

Dikatakannya, dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi terbarukan kini perusahaan pers dipermudah untuk mendaftarkan media yang akan kerjasama dengan Pemkab Rokan Hilir, begitupun sebaliknya Pemkab Rokan Hilir juga akan lebih mudah untuk menyeleksi media yang akan kerja sama dengan Pemkab Rohil melalui publikasi tentang pembangunan di Pemkab Rokan Hilir.

"Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan edukasi kepada para rekan-rekan media dalam penggunaan aplikasi Simatrik dan mempermudah Perusahaan Pers untuk melakukan pendaftaran kerjasama," ujarnya. 

Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong SIP memberikan apresiasi dan menyambut baik kegiatan sosialisasi Aplikasi Simatrik yang digelar Diskominfotiks Rokan Hilir.

Aplikasi ini kata Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong merupakan inovasi dalam pelayanan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dan rekan media massa dan wujud nyata reformasi birokrasi berbasis teknologi informasi. 

Bupati Afrizal Sintong berharap kehadiran aplikasi Simatrik ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak baik bagi Perusahaan Pers dan Dinas Kominfotiks Rokan Hilir selaku perpanjangan Pemerintah Daerah dalam menjalin kerjasama dengan media massa dalam hal publikasi pembangunan disegala bidang yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Dikatakan, dengan adanya aplikasi Simatrik tersebut diharapkan dapat lebih selektif dalam memilih media yang berkompeten untuk menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir.

"Karena sama-sama kita maklumi perkembangan media massa saat ini sangatlah pesat sehingga banyak media-media yang bermunculan maka selektifitas dalam memilih media yang akan bekerjasama itu adalah hal yang sangat penting kita lakukan," katanya.

Lebih Jauh, Bupati Afrizal Sintong berkata bahwa Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir tidak akan pernah lepas dari peran media massa. Sebab, media massa adalah salah satu pilar pembangunan dalam demokrasi. Dikatakan, melalui media massa Pemkab Rohil dapat menyalurkan segala informasi terkait kegiatan Pemerintah Daerah (Pemda) kepada masyarakat sehingga, masyarakat mengetahui dan berhak mendapatkan segala informasi mengenai kegiatan-kegiatan yang telah di lakukan oleh Pemkab Rohil.

"Selain itu, media juga mempunyai tanggung jawab untuk mencerdaskan masyarakat melalui informasi-informasi yang akurat, bermutu dan mendidik sehingga masyarakat dapat terhindar dari informasi yang tidak benar atau berita hoax," ujarnya.

Untuk dapat mencapai ith semua Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dan Insan Pers diharapkan dapat saling bekerjasama dan bersinergi untuk bersama-sama berjuang membangun dan memajukan Kabupaten Rokan Hilir yang lebih baik dimasa yang datang.

Kepada seluruh peserta sosialisasi yang mayoritas adalah wartawan yang tergabung dari berbagai media dan organisasi wartawan baik lokal maupun nasional itu, Bupati Afrizal Sintong berharap agar mengikuti sosialisasi secara serius agar nantinya Digital Simatrik dapat di pahami. Sebab, menurut Afrizal Sintong, ini sangat penting sehingga nantinya tidak kebingungan lagi bagaimana cara mendaftarkan perusahaan media dimana sang wartawan bekerja serta berhati-hati dalam mengisi segala data yang diminta oleh Diskominfotiks Rohil.

"Sebab data yang diisi akan berpengaruh terhadap lolos atau tidaknya verifikasi media saudara sebagai media yang bekerjasama dengan Pemkab Rokan Hilir," terangnya.

Bupati juga berharap kepada seluruh Insan Pers di Kabupaten Rokan Hilir agar bersatu dan bersama-sama membangun Kabupaten Rohil dan mampu memberikan edukasi kepada masyarakat dan menangkal berita-berita bohong (hoax) yang dapat merugikan masyarakat. 

Pemerintah Rokan Hilir berharap harap kepada rekan media yang bekerjasama nantinya dapat membantu Pemerintah Daerah (Pemda) dalam menyebarkan informasi kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemkab Rokan Hilir serta dapat mengcounter berita-berita yang diragukan kebenarannya serta serta menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan Undang-Undang Pers dan Kode Prilaku Wartawan.

"Terhadap berita-berita hoax yang menyerang Pemerintah Daerah Rokan Hilir. Apalagi saat memasuki tahun politik ini," pungkas Bupati Afrizal Sintong. (Wisman)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan