Riau

Bupati Rohil Apresiasi Kadiskominfotik Luncurkan Aplikasi Simatrik Versi 2

Kadiskominfotiks Rokan Hilir Indra Gunawan SE.MH. Foto: Wisman

ROHIL (MR) - Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong SIP apresiasi Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiks) Rokan Hilir atas peluncuran aplikasi Sistem Informasi Kerjasama Media Secara Elektronik (Simatrik) versi 2.

Aplikasi Simatrik merupakan aplikasi berbasis Web yang diciptakan menerima kerjasama dengan pihak media seperti online, elektronik maupun media cetak merupakan inovasi Diskominfotiks dibawah binaan Kepala Dinas Indra Gunawan ,SE.MH, Selasa (8/2/2023).

Atas inovasi terbaru dari Diskominfotik di zaman era digitalisasi ini pun mendapat perhatian sekaligus apresiasi dari Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong SIP saat membuka sosialisasi penggunaan aplikasi berbasis web Simatrik yang dihadiri ratusan wartawan media siber dari berbagai media. 

Indra Gunawan dalam kesempatan itu mengatakan bahwa peluncuran aplikasi Simatrik dilakukan sebagai inovasi dalam memperbaiki sistem kerjasama media dengan Pemkab Rohil melalui Diskominfotiks yang selama ini masih dilakukan secara manual.

Indra Gunawan mengatakan media massa memiliki peran secara dinamis dalam proses demokrasi, terutama menjembatani pendapat publik melalui jejaring sosial yang tersebar secara masif dan sebagai menyambung antara Pemerintah dengan masyarakat. Shingga, kerjasama media massa dengan Pemerintah baik dari tingkat pusat sampai daerah merupakan hal yang sangat diperlukan.

"Dari segi perkembangan media massa saat ini sangatlah besar dan sangat pesat. Sehingga tidak dapat di pungkiri bahwa semakin banyaknya media- media yang bermunculan maka daya saing juga semakin meningkat dan berdampak pada ketatnya penyaringan terhadap media yang akan bekerjasama," katanya.

Untuk itu, Pemda Rohil melalui Diskominfotiks mencoba untuk menjawab persoalan tensebut dengan menyediakan Apllkasi Barbais Web Sistem Informasi Kerjasama Media Secara Elektronik (Simatrik) versi 2 (dua) yang merupakan pengembangan dari versi sebelumnya.

Memanfaatkan perkembargan teknologi informasi terkini, saat ini dapat tempermudan perusaharan pers untuk mendaftarkan medianya yang akan melakukan kerjasama dengan Pemda Rokan Hilir.

Demikian pula sebaliknya, Pemda Rokan Hilir akan lebih mudah untuk menyeleksi media mana yang akan melakukan kerja sama. Dengan adanya aplikasi Simatrik tersebut order maupun pesanan produk media seperti advertorial, iklan dan galery dapat dilakukan melalui aplikasi Simatrik.

Sedangkan untuk pemberitaan online, kini ditambahkan satu produk lagi yaitu kliping berita dimana wartawan diberikan kesempatan untuk membuat rilis berita citra positif tentang Pemkab Rokan Hilir paling maksimal 20 berita perbulan dan link berita kemudian disampaikan kembali melalui aplikasi yang akan diintegrasikan dengan web mediacenter rohilkab.id sehingga berita yang ditulis si wartawan dapat dibaca oleh masyarakat luas. (man/rls)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan