Riau

Bupati Rohil Hadiri Pelantikan dan Apel kesiapan Pantarlih Pemilu 2024

Bupati Rohil Afrizal Sintong hadiri pelantikan Pantarlih secara serentak

ROHIL (MR) - Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong menghadiri pelantikan dan apel kesiapan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) se- Kecamatan Bangko, Minggu (12/02/2023) di Bagansiapiapi.

Pelantikan dan apel ini digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rokan Hilir secara serentak di masing-masing kecamatan di Kabupaten Rokan Hilir.

Turut hadir Wakil Bupati Rokan Hilir H Sulaiman, Ketua KPU Rokan Hilir Suprianto, Kajari Rohil Yuliarni Appy, Sekretaris Daerah Rokan Hilir Fauzi Erizal, Kepala Disdukcapil Andi Rachman, dan unsur Forkompinda lainnya serta seluruh petugas Pantarilih se- Kecamatan Bangko.

Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong mengatakan petugas Pantarlih merupakan orang yang paling bertanggung jawab melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih. Oleh sebab itu, bupati berharap petugas Pantarlih dapat bekerja dengan teliti agar tidak ada suara masyarakat yang tidak bisa digunakan pada saat pemilihan nanti.

"Yang perlu diawasi, terkadang orangnya di Rokan Hilir tapi dia bekerja di luar Rokan Hilir. Pada saat memilih dia tidak dapat undangan dan ini jadi ribut, nah ini yang perlu kita antisipasi," kata Afrizal Sintong.

Afrizal Sintong, menyebut perlunya kerjasama dan koordinasi antara Pantarlih dengan Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil). Bupati juga meminta kepada seluruh jajaran pemerintahan desa sampai ke tingkat RT untuk sama-sama membantu petugas Pantarlih dalam mencocokkan data pemilih agar Pemilu 2024 dapat berjalan lancar dan aman dan sukses.

Sementara, Ketua KPU Rokan Hilir Suprianto mengatakan untuk di Rokan Hilir ada sebanyak 1903 Pantarlih. Untuk itu, diharapkannya petugas Pantarlih dapat melakukan pencoklitan data pemilih agar terdaftar di setiap tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing.

"Seluruh warga yang memiliki hak pilih itu harus tercatat dan terdata. Selain itu data pemilih yang ada nantinya merupakan data yang terbaru atau mutakhir. Tidak ada warga yang sudah meninggal tercatat dalam pemilih," pungkasnya. (man/rls)




[Ikuti Monitorriau.com Melalui Sosial Media]






Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0853-6543-3434/0812-6686-981
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Monitorriau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan